Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

NTB Bangun Pusat Oleh-oleh di Islamic Center

Di pusat oleh-oleh yang baru kami bisa menampung banyak produk UMKM NTB, sehingga UMKM tidak perlu lagi mengantre.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  15:57 WIB
NTB Bangun Pusat Oleh-oleh di Islamic Center
Objek wisata alam di Nusa Tenggara Barat.
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membangun pusat oleh-oleh di destinasi wisata religi Islamic Center NTB yang berada di Kota Mataram.

Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Purwanti, menjelaskan pembangunan pusat oleh-oleh dengan skala besar ini bertujuan untuk menampung dan memasarkan secara luas berbagai produk UMKM unggulan NTB. Selain itu pusat oleh-oleh yang terintegrasi dengan destinasi wisata akan memudahkan wisawatan membeli oleh-oleh.

"Di pusat oleh-oleh yang baru kami bisa menampung banyak produk UMKM NTB, sehingga UMKM tidak perlu lagi mengantre seperti di toko kami saat ini (NTB Mall) yang tempatnya terbatas. Adanya pusat oleh-oleh yang lebih representatif akan memperluas pemasaran produk UMKM NTB," jelas Baiq Nelly kepada media di kantornya, Senin (9/1/2023).

Pusat oleh-oleh yang baru ini ditargetkan beroperasi pada Mei 2023. Penyiapan atau penataan ruang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Baiq Nelly juga menjelaskan pusat oleh-oleh baru ini sebagai langkah optimistis menyambut geliat pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Menurut Nelly, program industrialisasi berbasis UMKM yang diluncurkan sejak 2019 telah berdampak terhadap munculnya berbagai produk UMKM baru di NTB. "Produk-produk yang muncul bagus-bagus, baik itu kerajinan tangan, fesyen, produk perikanan, nah produk yang bagus dan sudah terkurasi ini harus dipasarkan, salah satunya melalui pusat oleh-oleh yang representatif," ujar Nelly.

Selain itu, Pemprov NTB juga akan melakukan modernisasi tata kelola keuangan di pusat oleh-oleh atau NTB Mall dengan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) NTB Mall yang akan fokus pada pengelolaan keuangan NTB Mall, termasuk proses digitalisasi pembayaran di pusat oleh-oleh.

Sebagai destinasi wisata domestik dan mancanegara, NTB memang belum memiliki pusat oleh-oleh skala besar seperti tetangganya Bali. Oleh-oleh NTB masih tersebar di desa wisata maupun di destinasi wisata setempat. Adanya pusat oleh-oleh diharapkan wisatawan memiliki alternatif tempat belanja oleh-oleh dengan kualitas yang terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb Pariwisata umkm
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top