Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Bandara Ngurah Rai Tembus 3,5 Juta Orang

Pengelola bandara Ngurah Rai Bali mecatat jumlah penumpang tembus 3,5 juta orang
Penumpang Bandara Ngurah Rai Tembus 3,5 Juta Orang - Dok. Angkasa Pura I
Penumpang Bandara Ngurah Rai Tembus 3,5 Juta Orang - Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, DENPASAR - Pergerakan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali hingga Februari 2023 tembus 3,5 juta penumpang atau tumbuh 21% jika dibandingkan di periode yang sama pada 2023. 

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan menjelaskan Di Februari 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 1, 75 juta penumpang dan 10.908 pergerakan pesawat domestik dan internasional. Pergerakan penumpang paling banyak dari wisatawan mancanegara yang mencapai 1 juta penumpang dan penumpang domestik 749.037 penumpang.

Pergerakan pesawat dari rute internasional mencapai 5.520 pergerakan dan dari rute domestik 5.388 pergerakan. Handy menjelaskan meningkatnya jumlah penumpang menandakan tumbuhnya pariwisata Pulau Dewata.

“Peningkatan pelayanan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di tahun 2024 ini mengindikasikan bahwa sektor pariwisata di Pulau Bali akan terus meningkat. Peningkatan jumlah penumpang ini juga tidak lepas dari upaya dan dukungan seluruh stakeholder yang senantiasa bersinergi demi memajukan Pulau Dewata,” jelas Handy dari siaran pers, Minggu (17/3/2024).

Sepanjang bulan Februari 2024, rute Jakarta menjadi rute dengan pelayanan penumpang domestik terbanyak dengan 382.290 penumpang. Dilanjutkan dengan Surabaya dengan 114.011 penumpang dan Makassar dengan 41.262 penumpang. Sementara untuk rute internasional dengan pelayanan penumpang tertinggi di bulan Februari adalah Singapura dengan 206.168 penumpang, Kuala Lumpur dengan 135.768 penumpang, dan Perth dengan 73.138 penumpang.

Untuk angka kedatangan WNA tertinggi di bulan Februari, WNA Australia masih menjadi yang terbanyak datang ke Bali dengan 96.262 orang. Selanjutnya WNA Cina tercatat menjadi yang terbanyak kedua dengan WNA yang datang sebanyak 56.476 orang, diikuti WNA India dengan jumlah kedatangan mencapai 35.885 orang.

“Kami melihat peningkatan jumlah penumpang akan meningkat pada bulan Maret, mengingat momen Hari Raya Idulfitri yang jatuh di bulan ini. Selain itu, pada periode Summer 2024 terdapat rencana penambahan penerbangan internasional menuju Bengaluru, Abu Dhabi, Beijing, Taipei, Zhejiang, dan Jiangsu. Sementara itu pada periode Summer 2024 terdapat rencana operasional perdana beberapa maskapai yakni Etihad Airways, Indigo Airlines, dan Starlux Airlines. Adapun jadwal operasional perdana rute-rute tersebut masih terus kami koordinasikan namun kami harap dapat terlaksana secepatnya,” kata Handy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper