Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM NTB Didorong Manfaatkan Fasilitas Fiskal Kepabeanan

Pelaku UMKM dan IKM di NTB akan diberikan edukasi terkait prosedur memanfaatkan fasilitas fiskal tersebut.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MATARAM - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali Nusa Tenggara akan memfasilitasi UMKM dan IKM di NTB untuk memanfaatkan fasilitas fiskal kepabeanan dan cukai agar ekspor produk ke luar negeri semakin mudah.

Fasilitas fiskal kepabeanan dan cukai yang akan diberikan kepada pelaku usaha di NTB antara lain Tempat Penimbun Berikat (TPB), fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), dan fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kepala Kantor DJBC Bali Nusa Tenggara Susila Brata menjelaskan pelaku UMKM dan IKM di NTB akan diberikan edukasi terkait prosedur memanfaatkan fasilitas fiskal tersebut.

"Ekspor produk unggulan daerah melalui UMKM dan IKM NTB perlu digenjot, kami akan mengedukasi masyarakat bagaimana memanfaatkan fasilitas fiskal di DJBC Bali Nusa Tenggara," jelas Susila dikutip dari rilis, Rabu (1/9/2021).

Selain itu, DJBC Bali Nusra akan memberikan pembinaan kepada UMKM dan IKM agar memiliki kualitas produk standar ekspor, sehingga memberi dampak terhadap kesejahteraan pelaku usaha.

"Misalnya potensi tembakau yang bisa ditingkatkan nilai tambahnya. Caranya kami akan memberikan edukasi bahwa ada fasilitas fiskal kepabeanan dan cukai yang bisa dimanfaatkan termasuk melakukan bimbingan teknis kepada UMKM tembakau agar diberdayakan lagi," ujar Susila.

Susila juga menjelaskan pada event World Superbike Mandalika yang akan digelar pada November 2021, DJBC Bali Nusra menjami arus barang masuk ke NTB khususnya yang berkaitan dengan event tersebut berjalan dengan lancar.

"Kami jamin arus barang masuk untuk keperluan event berjalan lancar," ujarnya.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah berharap dengan adanya fasilitas fiskal dari kepabeanan dapat menggenjot ekspor langsung dari NTB tanpa harus melalui daerah lain seperti Bali, Surabaya.

"Sebagian besar kegiatan ekspor NTN masih melewati Bali dan Surabaya. Dengan support dari DJBC, kami harap NTB bisa melakukan kegiatan ekspor langsung dari NTB ke negara-negara tujuan," ujar Rohmi. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler