Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapasitas Rumah Sakit Sanglah Mencapai 68 Persen

Bed selalu ditambah jika BOR mendekati 70 persen.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  09:33 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Jumlah kasus positif di Bali bertambah 231 orang yakni 218 orang melalui transmisi lokal dan 13 orang pelaku perjalanan dalam negeri.

Sementara itu Bed Occupancy Rate (BOR) RSUP Sanglah Denpasar yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 telah mencapai 68 persen atau terisi sebanyak 95 dari 160 bed yang tersedia.

"Bed selalu ditambah jika BOR mendekati 70 persen," tutur Humas RSUP sanglah Dewa Ketut Kresna saat dihubungi Bisnis, Jumat (8/1/2021).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan saat ini pasien dalam perawatan sebanyak di 1.384 orang atau 7,27 persen, yang tersebar dalam di 17 RS rujukan, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima dan BPK Pering.

Sementara ijumlah pasien sembuh turut bertambah sebanyak 114 orang, dan 4 orang meninggal dunia. "Jumlah kasus secara kumulatif kasus

Terkonfirmasi positif sebanyak 19.026 orang, pasien sembuh 17.086 orang atau 89,80 persen, dan meninggal dunia 556 orang atau 2,92 persen.

Selanjutnya, sesuai Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020, Gubernur Bali mengeluarkan PERGUB No. 46 Tahun 2020 yang mengatur tentang Sanksi Administratif bagi pelanggar Protokol Kesehatan. Besaran denda yg diterapkan senilai Rp100.000 bagi perorangan, dan Rp1 juta bagi pelaku usaha dan tempat fasilitas umum lainnya.

Menurut Dewa Indra, pulihnya kesehatan masyarakat dari wabah Covid-19 merupakan tanda akan segera pulihnya perekonomian yang sebelumnya anjlok akibat pariwisata yang mengalami dampak sangat besar.

"Pengendalian dan pencegahan ini adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu mari bersama kita terapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun berada," tambahnya.

Ingat pesan ibu, lanjut Sekda Bali ini, dengan menerapkan 3M yakni memakai masker dimanapun terutama saat berada ditengah keramaian dan sedang mengobrol dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap saat karena aliran air sabun sangat efektif melarutkan virus dan kuman di kulit, serta ingatlah selalu untuk menjaga jarak dengan orang lain.

"Tetaplah waspada dan patuh jalankan protokol kesehatan dimanapun kita berada. Covid-19 musuh tak kasat mata, mengincar tiap momen kelengahan kita," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali denpasar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top