Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerimaan Bea Masuk dan Cukai di NTB Tumbuh, Ini Pemicunya

pertumbuhan penerimaan bea masuk didorong oleh tumbuhnya tonase barang impor melalui KPPBC Sumbawa.
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang./Ist
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Realisasi penerimaan bea masuk di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat 8,20 persen menjadi Rp19,58 miliar pada Februari 2023. Capaian penerimaan ini 19,57 persen dari target yang ditetapkan pada 2023.

Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Bali, NTB, dan NTT, Saut Mulia menjelaskan pertumbuhan penerimaan bea masuk didorong oleh tumbuhnya tonase barang impor melalui KPPBC Sumbawa dan meningkatnya aktivitas pendaftaran IMEI melalui bandara.

“Kami mencatat ada pertumbuhan tonase barang impor sejumlah 16.078,92 ton dari KPPBC Sumbawa, kemudian meningkatnya aktivitas pendaftaran IMEI sebanyak 51 dok. Atau tumbuh 115,91 di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Dua komponen ini yang mendorong peningkatan penerimaan bea masuk di NTB,” jelas Saut dikutip dari keterangan resminya, Senin (20/3/2023).

Selain itu devisa impor juga tercatat tumbuh 14,93 persen dengan nilai US$34,5 Juta, pertumbuhan devisa impor ini didorong oleh pertumbuhan impor atas barang modal dan bahu penolong yang masing – masing tumbuh 221,32 persen dan 1,70 persen.

Saut juga menjelaskan, berbeda dengan bea masuk yang tumbuh pada Februari 2023, realisasi bea keluar justru mengalami kontraksi 45,77 persen atau turun menjadi Rp161,56 miliar. Turunnya penerimaan bea keluar dipicu oleh diturunkannya tarif bea keluar untuk konsentrat tembaga yang awalnya 5 persen menjadi 2,5 persen.

Sedangkan realisasi penerimaan cukai tercatat sejumlah Rp3,54 miliar pada Februari 2023 atau tumbuh 14,58 persen. “Pertumbuhan penerimaan cukai di NTB didorong oleh naiknya produksi barang kena cukai hasil tembakau  berupa Sigaret Kretek Tangan (SKT) sejumlah 2,52 juta batang,” ujar Saut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper