Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPD Bali Gunakan QRIS Cross Border

Kerja sama penggunaan alat transaksi elektronik antar negara akan memudahkan wisatawan untuk bertransaksi.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  14:07 WIB
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menjadi bank daerah pertama yang lolos untuk menggunakan QRIS cross border atau kerja sama sistem pembayaran antarnegara dengan menggunakan QRIS.

Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma, menjelaskan BPD Bali sudah melakukan uji coba penggunaan QRIS cross border dan sudah bisa digunakan secara reguler. "QRIS cross border sudah kami uji coba bersama Thailand, dan hasilnya bagus. BPD Bali menjadi bank daerah pertama yang lolos untuk menggunakan QRIS cross border secara reguler," jelas Nyoman Sudharma kepada media dikutip, Minggu (16/10/2022).

Kerja sama penggunaan alat transaksi elektronik antar negara akan memudahkan wisatawan untuk bertransaksi tanpa harus menukarkan uang di penukaran valuta asing. Menurut Sudharma, wisatawan asal Thailand yang datang ke Bali bisa langsung bertransaksi dengan mudah melalui kode QR.

Begitu juga wisatawan Indonesia yang ke Thailand cukup memiliki mobile banking BPD Bali sudah bisa melakukan transaksi dengan melakukan scan kode QR yang disediakan oleh merchant di Thailand jika merchant tersebut berasal dari bank partner Thailand yang terintegrasi jaringan QRIS.

BPD Bali juga terus meningkatkan pengguna atau user Balipay atau dompet digital yang diluncurkan oleh BPD Bali. Hingga Oktober 2022, jumlah user Balipay mencapai 47.300 user, dari target 50.000 user hingga Desember 2022.

Nyoman Sudharma optimistis, target tersebut akan tercapai karena user baru terus masuk. "Balipay dapat membantu masyarakat dalam kegiatan cash less society dimana menciptakan budaya bertransaksi tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran melainkan menggunakan aplikasi pembayaran dengan sarana smartphone. Kami berharap inklusi keuangan melalui penggunaan Balipay dapat ditingkatkan untuk mendukung program OJK dalam bulan inklusi keuangan yang pada bulan Oktober ini mengangkat tema Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat," kata dia.

Untuk meningkatkan user Balipay, BPD Bali aktif sosialisasi kepada pelajar melalui berbagai kegiatan inovasi, seperti kegiatan Gong Bali Dwipa yang dilaksanakan setiap tahun. Dalam kegiatan tersebut, BPD Bali mengundang ribuan pelajar SMA untuk diberikan sosialisasi literasi keuangan dan pentingnya transaksi digital untuk penguatan ekonomi daerah. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpd bali QRIS
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top