Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPD Bali Gunakan QRIS Cross Border

Kerja sama penggunaan alat transaksi elektronik antar negara akan memudahkan wisatawan untuk bertransaksi.
Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma./Bisnis-Harian Noris Saputra
Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma./Bisnis-Harian Noris Saputra

Bisnis.com, DENPASAR - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menjadi bank daerah pertama yang lolos untuk menggunakan QRIS cross border atau kerja sama sistem pembayaran antarnegara dengan menggunakan QRIS.

Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma, menjelaskan BPD Bali sudah melakukan uji coba penggunaan QRIS cross border dan sudah bisa digunakan secara reguler. "QRIS cross border sudah kami uji coba bersama Thailand, dan hasilnya bagus. BPD Bali menjadi bank daerah pertama yang lolos untuk menggunakan QRIS cross border secara reguler," jelas Nyoman Sudharma kepada media dikutip, Minggu (16/10/2022).

Kerja sama penggunaan alat transaksi elektronik antar negara akan memudahkan wisatawan untuk bertransaksi tanpa harus menukarkan uang di penukaran valuta asing. Menurut Sudharma, wisatawan asal Thailand yang datang ke Bali bisa langsung bertransaksi dengan mudah melalui kode QR.

Begitu juga wisatawan Indonesia yang ke Thailand cukup memiliki mobile banking BPD Bali sudah bisa melakukan transaksi dengan melakukan scan kode QR yang disediakan oleh merchant di Thailand jika merchant tersebut berasal dari bank partner Thailand yang terintegrasi jaringan QRIS.

BPD Bali juga terus meningkatkan pengguna atau user Balipay atau dompet digital yang diluncurkan oleh BPD Bali. Hingga Oktober 2022, jumlah user Balipay mencapai 47.300 user, dari target 50.000 user hingga Desember 2022.

Nyoman Sudharma optimistis, target tersebut akan tercapai karena user baru terus masuk. "Balipay dapat membantu masyarakat dalam kegiatan cash less society dimana menciptakan budaya bertransaksi tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran melainkan menggunakan aplikasi pembayaran dengan sarana smartphone. Kami berharap inklusi keuangan melalui penggunaan Balipay dapat ditingkatkan untuk mendukung program OJK dalam bulan inklusi keuangan yang pada bulan Oktober ini mengangkat tema Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat," kata dia.

Untuk meningkatkan user Balipay, BPD Bali aktif sosialisasi kepada pelajar melalui berbagai kegiatan inovasi, seperti kegiatan Gong Bali Dwipa yang dilaksanakan setiap tahun. Dalam kegiatan tersebut, BPD Bali mengundang ribuan pelajar SMA untuk diberikan sosialisasi literasi keuangan dan pentingnya transaksi digital untuk penguatan ekonomi daerah. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper