Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Terapung dan Camping Ground Sokong MXGP Samota

Lahan untuk camping ground disiapkan oleh Pemkab Sumbawa di sekitar Samota.
Ilustrasi motocross./Antara-Sigid Kurniawan
Ilustrasi motocross./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, MATARAM - Kapal terapung dan camping ground bakal menjadi alternatif tempat menginap penonton Motocross Grand Prix (MXGP) di kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa Besar.

Ketua Penyelenggara MXGP, Ridwan Syah, menjelaskan disediakannya kapal terapung dan camping ground sebagai alternatif untuk mengatasi kekurangan akomodasi kamar hotel di Pulau Sumbawa.

"Untuk kekurangan akomodasi kami atasi dengan camping ground dan kapal terapung sebagai tempat menginap penonton MXGP yang akan dilaksanakan pada Juni nanti," kata Ridwan Syah melalui keterangan tertulis, Rabu (11/5/2022).

Berbeda dengan Lombok, keberadaan hotel di pulau Sumbawa masih terbatas, sebaran hotel dan penginapan di Pulau Sumbawa terdapat di Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, kota Bima, pulau Moyo. Jumlah hotel tersebut diprediksi tidak mencukupi untuk menampung puluhan ribu penonton MXGP.

Lahan untuk camping ground disiapkan oleh Pemkab Sumbawa di sekitar Samota. Selain itu, penyelenggara juga menyiapkan lahan parkir, stand UMKM di sekitar sirkuit MXGP. "Infrastruktur pendukung juga kami sedang selesaikan, kami pastikan awal Juni rampung, termasuk pembangunan sirkuit," kata Ridwan.

Sementara itu, Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) NTB, I Made Agus Ariana, menjelaskan event MXGP menjadi momentum bagi pengusaha di NTB untuk melihat peluang bisnis baru yang memberikan efek bagi ekonomi daerah.

"Event ini pertama kali diadakan di Sumbawa, pengusaha harus melihat ini sebagai peluang untuk belajar, karena ini hal baru. Kita sebagai pengusaha di NTB harus terbuka dengan pengusaha luar yang lebih berpengalaman melaksanakan event-event kelas internasional," kata Ariana.

Japnas menilai MXGP dapat memberikan efek positif bagi iklim usaha di Sumbawa, sehingga pengusaha harus mendukung suksesnya event tersebut. "Dampaknya ekonominya bagi Sumbawa pasti banyak, termasuk untuk sektor pariwisata, Sumbawa akan semakin dikenal," ujar Ariana. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper