Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desa Tete Batu Mewakili Indonesia di Kompetisi Desa Wisata Internasional

Desa wisata Tete Batu merupakan salah satu desa wisata tertua di NTB, dan sudah menjadi destinasi wisata favorit sejak zaman kolonial Belanda.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 29 Juli 2021  |  16:06 WIB
Desa Tete Batu Mewakili Indonesia di Kompetisi Desa Wisata Internasional
Wisatawan asing berfoto di Desa Wisata Tete Batu.
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Desa wisata Tete Batu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi Best Tourism Village 2021 yang diselenggarakan oleh United Nation World Tourism Organisation (UNWTO).

Keikutsertaan desa Tete Batu telah dipastikan setelah seluruh dokumen persyaratan kompetisi telah dilengkapi dan didaftarkan melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menjelaskan film pendek yang menggambarkan daya tarik desa wisata Tete Batu juga telah disiapkan.

"Pemerintah kabupaten Lombok Timur telah menyiapkan film pendek yang menjadi keunggulan desa wisata Tete Batu. Desa Tete Batu menjadi wakil Indonesi di ajang UNWTO bersama dua desa wisata lainnya yang dipilih Kemenparekraf," jelas Yusron, Kamis (29/7/2021).

Desa wisata Tete Batu merupakan salah satu desa wisata tertua di NTB, dan sudah menjadi destinasi wisata favorit sejak zaman kolonial Belanda. Desa yang terletak di 700 MDPL ini menjadi tempat istirahat para pejabat Belanda, desa ini dipilih karena keasrian dan pemandangan yang indah sepertu persawahan, pemandangan Gunung Rinjani, dan hutan Monkey Forest di hutan kaki gunung Rinjani tersebut.

Sebagai desa wisata awal di NTB, desa wisata Tete Batu sudah dilengkapi dengan home stay maupum hotel dan kebudayaan yang memanjakan wisatawan. Desa wisata Tete Batu juga menjadi jalur pendakian ke gunung Rinjani.

Pengamat Pariwisata NTB Taufan Rahmadi mendukung dipilihnya desa Wisata Tete Batu sebagai duta Indonesia di kompetisi desa wisata internasional tersebut.

"Kami yakin Tete Batu menjadi pemenang di ajang bergengsi ini karena sudah disiapkan dengan matang," ujar Taufan.

Ketua Asosiasi Desa Wisata NTB Ahyak Aminuddin menjelaskan Tete Batu layak mewakili Indonesia karena menjadi tonggak awal berdirinya desa wisata di Lombok Timur.

"Tete Batu menjadi sudah lama menjadi pusat akomodasi bagi wisatawan asing yang singgah di Lombok Timur, Tete Batu juga menjadi motivator berdirinya desa wisata lainnya seperti Kembang Kuning, Jeruk Manis," jelas Ahya. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata ntb DESA WISATA
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top