Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

44 Pekerja Migran Asal NTB Dipulangkan

Diprediksi hingga Desember 2021 PMI asal NTB yang akan pulang diprediksi berjumlah 8.081 orang.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, MATARAM - Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Barat yang berjumlah 44 orang dipulangkan setelah masa kontrak kerjanya di luar negeri berakhir.

Sebelum sampai di NTB, puluhan PMI dikarantina di Jakarta sesuai protokol Covid-19. Kedatangan PMI diterima oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) BP2MI di Bandara Internasional Lombok pada Jumat (14/5/2021). Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) I Gede Putu Ariadi menjelaskan jika 44 pekerja tersebut pulang bukan karena bermasalah.

"Mereka kembali ke Indonesia karena masa kontrak kerja berakhir, bukan karena bermasalah. Sebelum sampai di NTB mereka menjalani karantina di Jakarta, Surabaya, dimana pintu kedatangan PMI," jelas Ariadi dikutip dari rilis, Minggu (16/5/2021).

PMI yang dipulangkan paling banyak berasal Lombok Timur sejumlah 18 orang, Lombok Tengah sejumlag 13 orang, Lombok Barat 5 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat dan Dompu masing-masing satu orang. Walaupun sudah menjalani karantina, para PMI kembali diperiksa kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Lombok.

"Setelah sampai di Desa mereka wajib lapor ke desa setempat sesuai dengan aturan protokol kesehatan Covid-19," ujar Ariadi.

Disnakertranas NTB memprediksi hingga Desember 2021 PMI asal NTB yang akan pulang diprediksi berjumlah 8.081 orang, yang estimasi kontrak kerjanya berakhir. Sedangkan pada 2020 jumlah PMI yang pulang berjumlah 12.050 orang, 191 orang di antaranya PMI unprosedural.(K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler