Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Denpasar Salurkan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Pembagian sembako ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu antisipasi serta protokol kesehatan cegah virus corona.
Dinsos Denpasar serahkan sembako keluarga kurang mampu hadapi Covid-19./Antara-I Komang Suparta
Dinsos Denpasar serahkan sembako keluarga kurang mampu hadapi Covid-19./Antara-I Komang Suparta

Bisnis.com, DENPASAR - Dinas sosial Kota Denpasar, Bali menyerahkan bantuan paket sembilan kebutuhan pokok (sembako) kepada keluarga kurang mampu, penyandang disabilitas, lansia dan masalah kesejahteraan sosial lainnya sebagai upaya meringankan beban akibat dampak wabah Covid-19.

Kepala Dinsos Kota Denpasar Made Mertajaya di konfirmasi di Denpasar, Selasa (7/4/2020) mengatakan dalam pembagian sembako ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu antisipasi serta protokol kesehatan cegah virus corona atau Covid-19.

"Bantuan ini merupakan program transformasi dari program raskin-rastra bantuan pangan non-tunai (BPNT). Tahun ini bernama program sembako dengan perluasan jenis komoditas yang mengandung sumber karbohidrat antara lain beras, jagung, sagu, sumber protein hewani seperti telur, daging ayam, ikan, sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan sumber vitamin mineral seperti sayur-sayuran dan buah-buahan," kata Mertajaya.

Ia mengatakan biasanya keluarga penerima manfaat (KPM) atau keluarga kurang mampu mendapat bantuan sembako setiap bulan (nontunai) sebesar Rp150.000 yang bisa ditukarkan di agen serta di e-warong yang ditunjuk dan telah memiliki kerja sama dengan Kementerian Sosial, pemerintah kota, dinas sosial dan bank penyalur. Adapun total penerima program sembako di Kota Denpasar sebanyak 3.058 KPM.

Namun, kata dia,untuk antisipasi dampak Covid-19, tahun ini nilai bantuannya ditambahkan menjadi Rp200.000. Besaran ini berlaku sementara dari bulan Maret hingga Agustus 2020.

"Dalam langkah percepatan penyaluran di tengah merebaknya virus corona, dinas sosial mempercepat penyaluran dengan cara jemput bola disamping kerja sama dengan e-warong yang ada," katanya.

Selain itu, kata Mertajaya, Dinas Sosial Kota Denpasar bersama Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pendamping PKH dan Bank Tabungan Negara sekaligus melaksanakan sosialisasi cegah virus corona terhadap masyarakat dengan membagikan selebaran upaya pencegahan.

Petugas juga telah menyiapkan sabun cuci tangan, hand sanitizer dan cairan disinfektan. Paket bantuan sembako tersebut isinya antara lain 5 kg beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, masker kain, sabun mandi, sabun cuci tangan, vitamin A dan C.

Seorang penerima bantuan sembako, I Komang Arya Kusuma berterima kasih kepada Pemkot Denpasar yang telah memberikan bantuan sembako. Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat di tengah wabah virus corona.

"Terima kasih kepada Pemkot Denpasar serta dinas sosial yang telah memberikan bantuan sembako, tentunya bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper