Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Parkir di Bandara Ngurah Rai Bakal Naik, Berikut Rinciannya

Tarif parkir di Bandara Internasional Ngurah Rai bakal naik mulai 23 September 2024 sebagai bentuk penyesuaian tarif yang dilakukan oleh pengelola bandara.
Kondisi Bandara Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (31/8/2024)/Bisnis-Afiffah R. Nurdifa
Kondisi Bandara Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (31/8/2024)/Bisnis-Afiffah R. Nurdifa

Bisnis.com, DENPASAR - Tarif parkir di Bandara Internasional Ngurah Rai bakal naik mulai 23 September 2024 sebagai bentuk penyesuaian tarif yang dilakukan oleh pengelola bandara. Penyesuaian tarif ini menyasar semua jenis kendaraan mulai dari roda dua atau sepeda motor kemudian mobil hingga bus.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif parkir kendaraan bermotor dilaksanakan atas peningkatan fasilitas untuk kendaraan bermotor di lingkungan bandara. 

“Sejak 2019 hingga saat ini, kami selalu lakukan peningkatan fasilitas penunjang kendaraan bermotor seperti pembangunan gedung parkir di terminal internasional dan domestik, pembangunan gedung parkir kendaraan roda dua, serta pelebaran jalan di area Bandara I Gusti Ngurah Rai. Penyesuaian tarif ini kami lakukan demi memastikan keberlangsungan peningkatan fasilitas tersebut. Adapun penyesuaian tarif masuk dan parkir kendaraan bermotor terakhir kami lakukan di tahun 2021, ” jelas Handy dari keterangan tertulisnya, Senin (9/9/2024).

Adapun tarif yang berlaku saat ini untuk kendaraan Roda 4 adalah Rp10.000 untuk satu jam pertama dan Rp5.000 untuk setiap jam berikutnya, untuk kendaraan Roda 2 Rp4.000 untuk 12 pertama dan Rp2.000 untuk setiap jam berikutnya, serta bagi kendaraan Roda 6 atau lebih berlaku Rp15.000 untuk satu jam pertama dan tambahan Rp5.000 untuk setiap jam berikutnya. 

Setelah dilakukan penyesuaian, maka tarif untuk kendaraan Roda 4 adalah Rp12.000 untuk satu jam pertama dan Rp6.000 untuk setiap jam berikutnya, untuk kendaraan Roda 2 Rp5.000 untuk 12 jam pertama dan Rp3.000 untuk setiap jam berikutnya, serta bagi kendaraan Roda 6 atau lebih berlaku Rp16.000 untuk satu jam pertama dan tambahan Rp6.000 untuk setiap jam berikutnya.

“Dalam melakukan penyesuaian tarif, kami telah melakukan penghitungan biaya pokok pelayanan kendaraan bermotor untuk menentukan besaran penyesuaian tersebut," jelasnya.

Otoritas Ngurah Rai juga selalu berkoordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah Pemerintah (Bappenda) Kabupaten Badung, dan telah mendapatkan tanggapan serta dukungan untuk melakukan penetapan tarif. Selain itu, kami juga memastikan bahwa kualitas pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai selalu dalam kondisi prima yang dibuktikan dengan survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Bali dengan nilai A atau Sangat Baik.

Handy menjelaskan bahwa penyesuaian tersebut nantinya akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang semakin baik.

“Tidak hanya dari segi peningkatan fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai saja, tetapi dengan adanya penyesuaian ini maka kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Badung juga akan terdampak dengan adanya peningkatan kontribusi atas pendapatan asli daerah dalam bentuk retribusi parkir kepada Pemerintah Kabupaten Badung,” jelasnya.

Branch Manager PT Angkasa Pura Support Cabang Denpasar, Djoko Setyo Pambudi, selaku operator pengelola parkir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menjelaskan pihaknya siap untuk memastikan pelayanan optimal kepada seluruh pengguna jasa di Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Sebagai pengelola parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Djoko menyebut akan memastikan seluruh fasilitas pelayanan penunjang parkir seperti operasional Toll Gate, kesiapan fasilitas gedung parkir, serta pengaturan parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai selalu dalam keadaan prima demi kenyamanan pengguna jasa bandara.

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali, I Putu Armaya, berpendapat bahwa Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah berhasil dalam memastikan kepuasan masyarakat atas pelayanan di bandara. 

“Setelah kami lakukan survei di bulan Agustus lalu kepada kurang lebih 300 responden, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berhasil mendapatkan predikat A atau Sangat Baik terkait dengan kepuasan masyarakat. Untuk itu, kami menilai bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai telah memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasanya. Kami harap dengan penyesuaian ini, tingkat pelayanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan semakin baik,” ujar Armaya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper