Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Bandara Ngurah Rai Pasang Thermal Scanner

Bandara Ngurah Rai mempersiapkan scanner cegah penyebaran cacar monyet
Gedung Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali - Dok. Angkasa Pura I
Gedung Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali - Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, DENPASAR - Pengelola Bandara Internasional Ngurah Rai bakal mengecek suhu setiap penumpang sebagai antisipasi masuknya virus Mpox atau cacar monyet ke Bali.

Mpox atau cacar monyet merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Penyakit ini dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan demam. Kebanyakan orang sembuh total, tetapi beberapa orang menjadi sangat sakit.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai , Handy Heryudhitiawan menjelaskan pihaknya siap mengantisipasi penyebaran Mpox dengan melakukan cek suhu terhadap setiap penumpang yang datang. 

"Terkait dengan peningkatan status Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKM-MD) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Bandara I Gusti Ngurah Rai senantiasa berkoordinasi dengan intensif dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran Mpox di Pulau Bali. Saat ini terdapat tiga unit thermal scanner yang ditempatkan pada area kedatangan internasional yang menjadi titik fokus pencegahan penyebaran Mpox," jelas Handy dari keterangan resminya, Rabu (21/8/2024). 

Handy menjelaskan jika terdapat penumpang yang terindikasi terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai, maka petugas bandara akan menyerahkan kepada pihak BBKK Denpasar untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Penumpang yang terindikasi Mpox akan diisolasi terlebih dahulu di ruang klinik BBKK Terminal Internasional, sebelum diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit rujukan. Hingga saat ini belum ditemukan indikasi adanya penumpang yang terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan juga mengeluarkan surat terkait antisipasi Mpox dengan meminta Seluruh penumpang yang datang dari luar negeri akan dilakukan screening suhu tubuh dengan thermal scanner dan jika terdeteksi suhu ≥ 37,5 0 C akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. 

Pihak maskapai juga diminta melaporkan ke petugas Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar wilayah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai apabila ditemukan penumpang/ kru pesawat yang sakit (demam) dan atau memiliki tanda/ gejala menyerupai penyakit Mpox.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper