Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Lombok Proyeksikan Peningkatan 11% Arus Mudik Lebaran

Bandara Zainuddin Abdul Majid Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai bersiap menyambut periode mudik lebaran 2024 yang diproyeksikan mulai 3 April - 18 April 2024.
AirAsia Indonesia menjadikan Lombok sebagai salah satu hub./Bisnis
AirAsia Indonesia menjadikan Lombok sebagai salah satu hub./Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR - Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai bersiap menyambut periode mudik Lebaran 2024 yang diproyeksikan mulai 3 April - 18 April 2024. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Minggus E.T. Gandeguai menjelaskan untuk menghadapi potensi peningkatan penumpang masa Lebaran, Bandara Lombok akan mengoperasikan posko terpadu angkutan udara Lebaran Tahun 2024 mulai 3 hingga 18 April 2024 atau selama 16 hari. 

Posko ini akan melakukan pemantauan dan pengendalian untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan kepada para pengguna jasa Bandara Lombok selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Dari sisi personel, ada 188 petugas per shift yang terdiri dari 118 personel internal PT Angkasa Pura I dan 70 orang dari eksternal (TNI AD, TNI AU, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Balai Kekarantinaan Kesehatan). 

"Pada periode Lebaran tahun ini, Bandara Lombok diprediksi akan melayani sebanyak 135.119 penumpang atau meningkat 11% jika dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 121.339 penumpang. Sementara pergerakan pesawat diperkirakan akan ada 1.265 pergerakan, meningkat 10% dibandingkan tahun 2023 lalu dengan 1.150 pergerakan pesawat," jelas Minggus saat dikonfirmasi Senin (25/3/2024).

Terkait dengan permintaan extra flight atau penerbangan tambahan, Minggus menjelaskan hingga saat ini belum ada maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan untuk periode libur Lebaran. 

Sebagai informasi, waktu operasional Bandara Lombok saat ini adalah 15 jam, mulai pukul 06.00 hingga 21.00 wita. Sedangkan untuk rute penerbangan, ada tujuh rute penerbangan domestik dari Bandara Lombok tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar dan Makassar, yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air. Sedangkan untuk dua rute penerbangan internasional, rute Kuala Lumpur dilayani oleh maskapai Indonesia Airasia dan Airasia Berhad serta rute Singapura yang dilayani maskapai Scoot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler