Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Rugi, Perumda Air Minum Jembrana Cetak Laba Rp739 Juta

Pendapatan 2023 sebesar Rp29 miliar dikurangi beban pengeluaran sebesar Rp28,8 miliar, sehingga mendapat laba sebesar Rp739 juta.
Bupati Jembrana I Nengah Tamba./Ist
Bupati Jembrana I Nengah Tamba./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Tirta Amerta Jati Kabupaten Jembrana meraup keuntungan hingga Rp739 juta pada 2023. Capaian ini lebih baik karena pada 2022 Perumda ini mengalami kerugian hingga Rp1,4 miliar.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Amerta Jati, I Gede Puriawan menjelaskan laba tahun 2023 diperoleh dari meningkatnya penjualan air dan penjualan non air seperti pendapatan sambungan baru, pendaftaran, denda dan balik nama.

“Pendapatan penjualan air sebesar Rp26,5 miliar dan penjualan non air capai Rp2,4 miliar, jadi di 2023 kami memiliki total pendapatan sebesar Rp29 miliar dikurangi beban pengeluaran sebesar Rp28,8 miliar, sehingga kami mendapat laba sebesar Rp739 juta,” jelas Puriawan dari siaran pers, Rabu (21/2/2024).

Selain itu Perumda  juga berhasil melakukan penghematan operasional dengan melakukan pemangkasan di berbagai aspek pengeluaran perusahaan. Puriawan menyebut, sejak menjabat pada 2022, memang fokus untuk memperbaiki internal perusahaan agar pendapatan perusahaan bisa berbalik menjadi untung yang selama ini rugi.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menjelaskan capaian laba pada 2023 ini menggambarkan Perumda Air Minum berhasil melakukan perbaikan tata kelola perusahaan, dan meningkatkan penjualan air dan non air. Tamba menyebut keuntungan yang dicapai perusahaan milik daerah ini sejalan dengan target PAD Jembrana yang harus terus meningkat.

“Saya ingin mendapatkan refleksi daripada neraca laba rugi dalam tenggang waktu dua tahun yang mana beliau (Direktur PDAM) baru bekerja satu tahun dan sudah menunjukan perkembangan yang sangat positif . Satu tahun  menunjuk Puriawan sebagai direktur ternyata sudah menghasilkan keuntungan Rp 700 juta lebih,” jelas Tamba.

Selain Perumda Air Minum, sejumlah Perumda lain juga mencatatkan laba walaupun belum signifikan seperti Perumda Tribhuwana Jembrana juga sudah menyetorkan untung sebesar Rp114 juta rupiah. Sedangkan Sentra tenun Jembrana yang dikelola Koperasi tahun ini mendapatkan keuntungan sekitar Rp36 juta  yang bisa disetorkan ke kas daerah untuk menambah PAD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler