Jembrana Pacu Hilirisasi Cokelat

Jembrana terus memacu pengolahan komoditas cokelat untuk menciptakan nilai tambah sehingga memberi dampak bagi perekonomian daerah.
Buruh memperlihatkan perbandingan kualitas biji kakao./Bisnis-Rachman.
Buruh memperlihatkan perbandingan kualitas biji kakao./Bisnis-Rachman.

Bisnis.com, DENPASAR — Kabupaten Jembrana terus memacu pengolahan komoditas cokelat untuk menciptakan nilai tambah bagi sehingga memberi dampak bagi perekonomian daerah. 

Pemerintah Kabupaten Jembrana terus mengoptimalkan keberadaan rumah produksi cokelat agar bisa menghadirkan produk cokelat yang menarik minat pasar regional hingga pasar ekspor. 

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menjelaskan Kakao Jembrana selama ini dikenal sebagai komoditas unggulan di sektor pertanian dan perkebunan. Bahkan akan kualitasnya itu, sudah diakui dunia dengan ekspor biji kakao dengan kualitas premium. Selama ini Pemkab Jembrana sudah mengekspor cokelat ke Eropa dan Amerika Serikat, setiap kali ekspor, volumenya bisa mencapai 12 ton. 

Oleh karena itu, Pemkab Jembrana terus berkomitmen mengembangkan kakao Jembrana tidak hanya produksi di hulu tapi juga pengembangan di sektor hilir dengan cokelat hasil produksi dari biji kakao beserta turunan lainnya.

"Jembrana dikenal sebagai penghasil biji cokelat fermentasi berkualitas yang telah di ekspor ke sejumlah negara, Kami tidak ingin hanya produk mentah yang dipasarkan, tapi bagaimana kabupaten Jembrana juga bisa memproduksi olahan cokelat yang siap untuk dinikmati," jelas Tamba dari Siaran pers, Jumat (2/1/2023). 

Pemkab Jembrana juga menyiapkan jaringan pasar bagi produk cokelat jadi melalui program Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 yang berlangsung selama dua hari tersebut. 

Tamba berharap sejumlah kegiatan akan mengisi rangkaian Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 yang berlangsung selama dua hari tersebut.

"Untuk hari pertama kita akan adakan workshop Film Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024. Dan di hari kedua akan kita isi dengan berbagai kegiatan seperti pameran UMKM, parade Gong dan Drumband, tari massal, hiburan musik, success story dan sharing motivasi UMKM dari Ajik Krisna sebagai pengusaha oleh oleh asli Bali dan Launching Jembrana Kota Cokelat," ujar Tamba.

Pihaknya berharap, Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 dapat terlaksana dengan baik sehingga Jembrana dapat semakin dikenal sebagai kota cokelat yang menyuguhkan cokelat dari hulu sampai ke hilir, mulai dari produk biji kakao petani Jembrana hingga menjadi sebuah produk olahan cokelat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper