Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda Gita Ariadi Bakal Dilantik Sebagai Pj Gubernur NTB

Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB.
Lalu Gita Ariadi ditunjuk sebagai  Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan dilantik pada Selasa (19/9/2023).
Lalu Gita Ariadi ditunjuk sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan dilantik pada Selasa (19/9/2023).

Bisnis.com, DENPASAR – Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB menggantikan posisi yang ditinggalkan Zulkieflimansyah yang habis masa jabatannya per 20 September 2023.

Pengangkatan Gita sebagai PJ Gubernur Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 4 tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Walikota sebagai landasan regulasi Penjabat Gubernur NTB terpilih.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy menjelaskan pelantikan Pj Gubernur akan dilangsungkan pada Selasa (19/9/2023) oleh Mendagri di Jakarta.

“Sudah resmi pak Sekda yang menjadi Pj, pelantikan besok di Jakarta sesuai dengan surat Kemendagri nomor 100.2.7/5003/SJ per 16 September 2023, Presiden melalui Mendagri akan melantik Pj Gubernur NTB Selasa 19 September 2023,” jelas Najamuddin melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/9/2023).

Seusai dilantik, Najam menjelaskan Pj Gubernur akan bersilaturahmi dengan masyarakat NTB se-Jabodetabek, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemprov NTB. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi awal dari implementasi amanah dalam memimpin NTB, bersilaturahmi mendengar aspirasi para tokoh serta stakeholders pemerintahan.

Selanjutnya Najam menyebut Pj Gubernur akan fokus menjalankan pemerintahan sesuai tugas fungsi sebagai pimpinan daerah, sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Ada dua agenda pokok menjelang Pemilu 2024 yakni pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan pemilihan Legislatif serta pemilihan Kepala Daerah tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota se-NTB, semua Pj Gubernur diamanatkan untuk mensukseskan perhelatan tersebut. 

Sebagai informasi, Gita merupakan birokrat senior di lingkungan Pemrprov NTB, sebelum menjadi Sekda, Gita telah menempati berbagai posisi seperti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu  Satu Pintu (DPM-PTSP) NTB, dan sejumlah jabatan penting lainnya.

Sementara itu, Zulkieflimansyah diprediksi bakal maju  lagi di Pilkada 2024, politisi PKS ini diprediksi kembali akan berpasangan dengan Sitti Rohmi Djalillah yang merupakan Wakil Gubernur saat ini. Sitti juga dikenal sebagai kakak kandung dari Tuan Guru Bajang (TGB) yang juga mantan Gubernur NTB dua periode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper