Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Sasambo : Konsumsi BBM Meningkat Drastis Saat MotoGP

Konsumsi BBM meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan konsumsi pada hari biasa.
Suasana penonton sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022./Bisnis-Arnis Wigati.
Suasana penonton sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022./Bisnis-Arnis Wigati.

Bisnis.com, MATARAM – Adanya event MotoGP di sirkuit Pertamina Mandalika yang diagendakan setiap tahun turut meningkatkan konsumsi BBM di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi tuan rumah.

Sales Brand Manager Pertamina NTB, Adamilyara Aqil menjelaskan saat MotoGP pertama di Mandalika, konsumsi BBM meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan konsumsi pada hari biasa. Aqil menyebut saat hari biasa konsumsi BBM 1.700 KL, dan naik dua kali lipatnya selama periode MotoGP.

Naiknya konsumsi BBM selama periode MotoGP dampak dari melonjaknya arus transportasi selama perhelatan MotoGP. Ribuan mobil rental, bus hingga mobil pribadi bergerak saat event MotoGP membawa penonton atau wisatawan yang datang menikmati atmosfer ajang paling bergengsi di balap motor tersebut.

Selain dari BBM yang dikonsumsi oleh kendaraan, permintaan avtur untuk bahan bakar pesawat juga meningkat drastis. “Saat event MotoGP banyak penerbangan yang datang ke Lombok, baik pesawat yang membawa penonton maupun pesawat yang membawa logistik MotoGP, tingginya aktivitas penerbangan juga berdampak ke meningkatnya permintaan avtur,” jelas Aqil kepada Bisnis, Senin (4/9/2023).

Dengan pengalaman di event MotoGP, pertamina selalu bersiap menyiapkan stok BBM dan avtur jelang event MotoGP 2023 yang bakal dihelat pada 13-15 Oktober 2023.  

Aqil juga menjelaskan Pertamax Turbo sebagai produk unggulan Pertamina berhasil menjadi One Man Fuel atau satu-satunya bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan oleh seluruh Pembalap di Asian Road Racing Championship (ARRC) 2023 yang digelar di sirkuit Pertamina Mandalika, NTB.  Terpilihnya Pertamax Turbo sebagai one man fuel menjadi kesempatan bagi PT Pertamina (Persero) untuk memperkenalkan produk unggulannya di pasar global.

Program Jelajah Investasi Sasambo didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), Ooredoo Hutchison (Indosat), PT XL Axiata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper