Investor Swasta Bangun Terminal Logistik di Pelabuhan Lembar

Terminal peti kemas ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan atau akhir 2023, saat ini proses pembangunan sudah mencapai 75 persen.
Suasana dermaga di Pelabuhan Lembar, Lombok./Bisnis
Suasana dermaga di Pelabuhan Lembar, Lombok./Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR – Investor swasta PT Pantai Damai Sejahtera mulai membangun terminal logistik senilai Rp190 miliar di kawasan pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama PT Pantai Damai Sejahtera, Sudarta menjelaskan terminal yang akan mereka kelola bakal fokus pada pengangkutan atau bongkar muat logistik.

“Fokus kami pada pengelolaan angkutan logistik, jadi yang akan masuk adalah kapal logistik dengan LOA atau panjang di atas 110, kalau di bawah 110 tetap melalui pelabuhan Pelindo. Tujuan terminal ini untuk mempercepat bongkar muat logistik yang keluar maupun yang masuk ke NTB. Terutama komoditas-komoditas strategis,” jelas Sudarta, Selasa (14/3/2023).

Sudarta menjelaskan terminal ini statusnya tetap milik negara, swasta yang membangun diberi masa konsesi atau waktu pengelolaan hingga batas waktu yang ditentukan misalnya 30 tahun. Setelah 30 tahun pengelolaannya bisa dikembalikan ke pemerintah.

Terminal peti kemas ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan atau akhir 2023, saat ini proses pembangunan sudah mencapai 75 persen. Selain itu kapal peti kemas, terminal ini bisa digunakan untuk kapal penumpang lintas nusantara atau long distance ferry seperti kapal rute Surabaya – Lembar.

“Jadi kami bisa sebagai pelengkap yang memperlancar operasi kapal di pelabuhan Lembar, misalnya saat momen mudik dimana antrian kapal banyak, dermaga kami bisa membantu memperlancar bongkar muat kapal, khususnya kapal penumpang lintas nusantara,” kata Sudarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper