Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Batik Sasambo Karya Siswa SMKN 5 Mataram Dieskpor ke Saudi Arabia

SMKN 5 Mataram telah mengirim 30 batik ke Riyadh.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  12:59 WIB
Ilustrasi menggambar pola batik di kain bahan.
Ilustrasi menggambar pola batik di kain bahan.

Bisnis.com, MATARAM - Batik Sasambo khas Lombok karya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Mataram berhasil dijual ke Saudi Arabia.

Kepala Sekolah SMKN 5 Mataram, Istiqlal, menjelaskan batik yang diproduksi siswanya tersebut sudah dikirim ke Saudi Arabia, setelah mendapat pesanan dari guru Sekolah Indonesia di Riyadh.

"Guru-guru di Sekolah Indonesia di Riyadh tertarik dengan motif batik Sasambo, sehingga memesan kepada kami," jelas Istiqlal pada Rabu (11/5/2022).

SMKN 5 Mataram telah mengirim 30 batik ke Riyadh. Isriqlal menjelaskan telah mengirim batik dari bahan sutra ke Riyadh. "Batik sutra ini juga diminati oleh guru di Riyadh, ini menjadi awal yang baik untuk menjajaki pasar internasional lainnya," ujar Istiqlal.

Istiqlal juga menjelaskan dalam waktu dekat, SMKN 5 Mataram akan mengikuti pameran atau fashion show di Johor, Malaysia. "Melalui pameran di Malaysia, kami akan kenalkan berbagai motif batik khas Sasambo yang tidak kalah dengan batik daerah lain," kata dia.

Siswa SMKN 5 Mataram telah berhasil menciptakan 100 motif batik khas Sasambo yang dikembangkan oleh siswa dan alumni SMKN 5 Mataram. "Kami terus berusaha meningkatkan produksi batik dengan melibatkan alumni yang konsen dalam pengembangan motif batik Sasambo," ujar Istiqlal.

Sebagai informasi, batik Sasambo mulai dikembankan sejak 2010. Atas dorongan Pemprov NTB saat itu, batik ini sempat menjadi seragam ASN, sehingga produksi dalam skala besar bisa berjalan. Kata Sasambo sendiri berasal dari kata Sasak, Samawa, Mbojo (Sasambo), yang merupakan tiga suku besar yang mendiami Provinsi NTB. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik ntb mataram
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top