Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Mudik di Bandara Lombok Diprediksi Meningkat 30 Persen

Adanya pelonggaran syarat perjalanan melalui udara, diprediksi akan meningkatkan penumpang sejumlah 30 persen.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 18 April 2022  |  12:12 WIB
Sejumlah penumpang tiba di terminal kedatangan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). - Antara/Ahmad Subaidi.
Sejumlah penumpang tiba di terminal kedatangan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). - Antara/Ahmad Subaidi.

Bisnis.com, MATARAM - PT Angkasa Pura I Bandara Lombok memprediksi bakal terjadi peningkatan penumpang sejumlah 30 persen selama periode arus mudik 2022.

Stakeholder Relation Manager Bandara Lombok Arif Haryanto menjelaskan Bandara Lombok sudah siap dengan peningkatan arus mudik, seiring dengan pelonggaran syarat perjalanan pada lebaran tahun ini.

"Kami di Bandara sudah siap, mulai tanggal 25 April 2022 akan ada posko pemantauan mudik di Bandara, kemudian dari segi layanan kami juga sudah siap," jelas Arif kepada Bisnis, Senin (18/4/2022).

Adanya pelonggaran syarat perjalanan melalui udara, diprediksi akan meningkatkan penumpang sejumlah 30 persen dibandingkan periode mudik Lebaran 2021.

"Tentu tahun ini bakal meningkat, karena tidak ada pembatasan perjalanan lagi bagi yang sudah vaksin booster," kata Arif.

Puncak arus mudik diprediksi tanggal 29 April 2022 atau H-3 Idulfitri, dimana periode libur cuti bersama sudah dimulai, sedangkan arus balik pemudik terjadi pada 6-7 Mei 2022 jelang aktivitas perkantoran dimulai. Mayoritas pemudik ke Lombok berasal dari kota urban seperti Jakarta, Surabaya dan Bali.

Bandara Lombok akan memberlakukan 24 jam operasional, jika banyak permintaan extra flight dari maskapai. "Saat ini kami masih beroperasi selama 9 jam kerja, jika banyak permintaan extra flight dari maskapai maka kami siap beroperasi selama 24 jam, saat ini belum ada permintaan extra flight yang masuk," kata Arif.

Masyarakat memiliki kesempatan panjang untuk mudik, karena pemerintah memustuskan jadwal cuti bersama mulai 29 April 2022, 30 April - 1 Mei libur akhir pekan, 2-3 Mei libur Idulfitri, 4-6 Mei cuti Lebaran, dan 7-8 Mei libur akhir pekan. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara lombok lombok ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top