Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Percepat UMKM di Lombok Mengadopsi QRIS

QRIS menjadi booster bagi pelaku UMKM di Lombok untuk meningkatkan transaksi penjualan.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 05 Maret 2022  |  21:00 WIB
BRI Percepat UMKM di Lombok Mengadopsi QRIS
Pemberian Apresiasi Berupa Saldo Britama Bagi Pemenang Mandalika Racing QRIS Competition periode Desember 2021 hingga Maret 2022. - Bisnis/Harian Noris S.
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengguna merchant QRIS melalui Bank BRI di Lombok meningkat jelang Pertamina Grandprix of Indonesia (MotoGP) 2022 yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

Melalui program Mandalika Racing QRIS Competition, terdapat 8.224 pengguna merchant QRIS dari kelompok UMKM yang difasilitasi oleh bank BRI. Sebaran pengguna baru yakni di Lombok Barat 1.400 Pengguna, Lombok Tengah 2.186 pengguna, Lombok Timur 2.615 pengguna, Lombok Utara 384 pengguna, dan kota Mataram 1.639 pengguna merchant baru.

Pada Sabtu (5/3/2022) BRI memberikan apresiasi kepada peserta Mandalika Racing QRIS Competition periode Desember 2021 - Februari 2022. Kompetisi tersebut dilanjutkan untuk periode Maret - Juni 2022 untuk terus mempercepat pengguna merchant QRIS baru di Lombok.

Program ini merupakan stimulus dari BRI agar pelaku UMKM cepat beralih dari transaksi tunai ke transaksi digital QRIS. Senior Manager Small Retail Acquiring BRI Retail Payment Division I Made Jaya Indrawan menjelaskan mitra merchant BRI yang memiliki transaksi dan volume tertinggi diberikan penghargaan seperti tabungan hingga sepeda motor.

"Stimulus ini mempercepat pelaku UMKM dan nasabah menjadi mitra merchant BRI yakin beralih bertransaksi menggunakan QRIS," kata Made kepada media pada Sabtu (5/3/2022).

Regional Consumer Banking Head Andra Ruyus Mani menjelaskan BRI program sosialisasi dan akuisisi new merchant QRIS di Lombok sebagai langkah mempersiapkan merchant QRIS jelang MotoGP.

"QRIS menjadi booster bagi pelaku UMKM di Lombok untuk meningkatkan transaksi penjualan. Dari QRIS pelaku UMKM mendapatkan pencatatan transaksi secara otomatis dan menurunkan risiko kerugian akibat fraud ataupun pembayaran dengan uang palsu," jelas Andra.

Langkah BRI dalam meningkatkan pengguna QRIS di NTB dengan melakukan bundling penjualan mesin EDC dengan QRIS. "Tentunya kami melihat segmennya, jika pelaku usaha besar kami akan bundling mesin EDC dan QRIS. Jika untuk mitra merchant yang bisnis kecil kami berikan QRIS untuk membantu transaksi mereka," ujar Andra.

BRI memiliki 1,6 juta merchant QRIS yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pertumbuhan transaksi QRIS di BRI mencapai 600 persen pada awal 2022 dengan peningkatan frekuensi transaksi mencapai 400 persen. Tipikal transaksi QRIS di BRI untuk ticket size kecil namun frekuensi transaksinya tinggi. Mayoritas bertransaksi menggunakan QRIS pada merchant groceries dan food & beverages.

Sementara itu Direktur Utama Mandalika Grandprix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan penggunaan QRIS memberikan kesempatan bagi pelaku usaha meningkatkan transaksinya saat MotoGP. Priandhi juga menjelaskan adanya MotoGP memberi dampak bagi pertumbuhan dari pelaku UMKM hingga pelaku usaha besar.

"Dengan adanya Pertamina Mandalika Cirkuit kami mengajak pelaku usaha berperan agar memberikan efek domino dari event MotoGP," kata Priandhi (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri ntb QRIS
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top