Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menaman Sayuran Hidroponik Jadi Tren di Denpasar selama Pandemi Corona

Budi daya sayuran hidroponik di Kota Denpasar semakin diminati oleh masyarakat di tengah Pandemi Corona (Covid-19), peningkatannya hingga 30 persen pada pertengahan Maret 2020.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 30 April 2020  |  12:12 WIB
Pertanian hidroponik - Antara
Pertanian hidroponik - Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Budi daya sayuran hidroponik di Kota Denpasar semakin diminati oleh masyarakat di tengah Pandemi Corona (Covid-19), peningkatannya hingga 30 persen pada pertengahan Maret 2020.

Pemilik usaha hidroponik di Pondok Tani Denpasar Ni Kadek Sri Utari mengatakan, jasa pemasangan instalasi hidroponik miliknya semakin diminati oleh masyatakat. Sebagian besar dari mereka berasalan ingin memenuhi kebutuhan sayuran untuk konsumsi sendiri.

"Jenis sayuran yang diminta mulai dari pakcoy, cabai, hingga kangkung," katanya saat dihubungi oleh Bisnis, Kamis (30/4/2020).

Perempuan yang akrab di sapa Sri ini mengungkapkan, sebagian besar pengguna jasanya berprofesi sebagai polisi, dokter atau pegawai kantoran. Untuk skala rumah tangga, pemasangan hidroponik dominan diminta dengan skala kecil. Namun untuk yang ingin mendirikan usaha, pemasangan hidroponik diminta dalam skala besar.

"Iya ada aja pesanan, mungkin buat mengisi waktu luang di rumah aja," tambahnya.

Ni Putu Seliari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Qatar pada awal April lalu juga memilih menekuni bisnis hidroponik, dia mengaku ingin membuat usaha pertanian yang mudah untuk dilakukan tapi memiliki prospek bagus untuk kedepannya.

"Setelah pulang kemarin, saya putuskan untuk bertani dan masih takut berangkat lagi karena adanya Covid-19," tuturnya.

Adapun tanaman yang dipilihya adalah tanaman pakcoy. Diakui Seli, bertani memiliki sisi yang mudah dan sulit, tapi semua dilakukannya dengan penuh semangat, sehingga akan selalu ada harapan untuk kehidupan selanjutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denpasar Virus Corona hidroponik organik covid-19
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top