Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Temuan Covid-19 di NTB Diprediksi Bakal Melonjak

Wagub menjelaskan sejak pekan kedua April telah memiliki alat sehingga hasil tes Covid-19 bisa diketahui cepat.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 27 April 2020  |  12:21 WIB
Temuan Covid-19 di NTB Diprediksi Bakal Melonjak
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah berpendapat temuan kasus infeksi corona (Covid-19) di wilayah setempat bakal melonjak karena percepatan penanganan.

Wagub menjelaskan sejak pekan kedua April telah memiliki alat sehingga hasil tes Covid-19 bisa diketahui cepat. Bila hasil diperoleh cepat maka data positif Covid-19 akan melonjak.

"Ini kabar baik karena bisa melokalisir dan menangani lebih lanjut," jelasnya melalui instragram, Senin (27/4/2020).

Adapun jumlah pasien Covid-19 di Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/4/2020), bertambah 15 orang sehingga jumlah kasus akibat penyakit itu menjadi 195 orang.

"Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 105 sampel swab dengan hasil 82 sampel negatif, 8 sampel ulangan positif dan 15 sampel kasus positif Covid-19 baru," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB yang juga Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 NTB, H Lalu Gita Ariadi di Mataram, Minggu.

Ia menjelaskan 15 orang positif COVID-19 baru itu, terbanyak berasal dari Kabupaten Dompu 8 orang, Kabupaten Bima 4 orang dan Kota Mataram 3 orang.

"Kebanyakan pasien positif baru ini memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Makassar. Saat ini mereka sedang menjalani karantina di tempat masing-masing dan dalam kondisi baik," terangnya.

Selain adanya kasus positif baru, kata Gita, juga terdapat dua orang warga NTB yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah pemeriksaan laboratorium swab dua kali dan keduanya negatif.

"Dua orang yang telah sembuh tersebut, yakni pasien nomor 11 inisial N (65) laki-laki warga Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara dan pasien nomor 49 inisial ATW (36), laki-laki, usia 36 tahun, penduduk Kelurahan Kekalik, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram," jelasnya.

Menurut Sekda, dengan adanya tambahan 15 kasus baru terkonfirmasi positif dan 2 orang tambahan sembuh, dan tidak ada kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB menjadi 195 orang, dengan perincian 23 orang sudah sembuh, 4 meninggal dunia, serta 164 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

"Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan COVID-19, petugas kesehatan tetap melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb gowa

Sumber : Instagram & Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top