Bibit Padi untuk Petani di Sumbawa Barat Mulai Disalurkan

Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbutnak) Sumbawa Barat menyalurkan bibit padi untuk petani yang ada di kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 November 2019  |  12:41 WIB
Bibit Padi untuk Petani di Sumbawa Barat Mulai Disalurkan
Ilustrasi petani merontokkan padi hasil panen. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, TALIWANG – Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbutnak) Sumbawa Barat menyalurkan bibit padi untuk petani yang ada di kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Sebelumnya bibit padi sebanyak lima truk untuk petani telah tiba di KSB pada Senin (25/11/2019).

Kepala Distanbutnak Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Suhadi melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Syaiful Ulum mengatakan bahwa total bibit padi yang sampai sudah sampai mencapai 169 ton.

Jumlah tersebut diperkirakan dapat mencukupi lahan seluas 6.787 hektare yang tersebar di semua kecamatan di KSB.

"Jadi, semua petani padi dipastikan mendapatkan bibit tersebut. Berdasarkan perkiraan, 1 hektare lahan akan mendapat 25 kilogram bibit padi," ujarnya di Taliwang, ibu kota KSB, pada Rabu (27/11/2019).

Dia menuturkan bantuan bibit padi ini diberikan oleh pemerintah pusat, sementara pemerintah daerah hanya  men-drop ke petani. Pembagian bibit juga telah dihitung oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

"Bibit yang diberikan tersebut cukup atau tidak satu hektar, tetap 25 kilo diberikan, Itu sudah ketentuan teknis," ujarnya.

Syaiful Ulum berharap bantuan bibit tersebut dapat menolong para petani dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diharapkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
padi, ntb

Sumber : Antara
Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top