Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada MotoGP, Penumpang Lintas Padang Bai - Lembar Meningkat

Kendaraan roda dua juga terlihat meningkat, pada Kamis  atau H-1 jelang MotoGP.
Pembalap Fabio Di Giannantonio dari Pertamina Enduro VR46/REUTERS-John Sibley
Pembalap Fabio Di Giannantonio dari Pertamina Enduro VR46/REUTERS-John Sibley

Bisnis.com, DENPASAR – Arus penumpang penyeberangan lintas Pelabuhan - Padang Bai mengalami peningkatan jelang puncak perhelatan Pertamina Grand Prix Of Indonesia atau (MotoGP) di Sirkuit Pertamina Mandalika. 

Dari pantauan Bisnis di Pelabuhan Padang Bai sejak Kamis (27/9/2024), terlihat peningkatan kedatangan kendaraan terutama sepeda motor pada malam hari, terlihat banyak kendaraan yang datang dari Pulau Jawa dengan tujuan Mandalika untuk menonton MotoGP.

Banyak juga komunitas sepeda motor seperti komunitas RX-King, yang melakukan touring dari Jawa dengan tujuan akhir Mandalika.

Yanto, salah satu penumpang menjelaskan dia sengaja touring menggunakan sepeda motor dari Surabaya untuk menonton MotoGP. 

Peningkatan jumlah penumpang juga terlihat dari data ASDP Cabang Lembar yang diterima bisnis, peningkatan jumlah penumpang terlihat sejak H-5 pada 22 September 2024, peningkatan signifikan terlihat mulai 25 September 2024 dengan jumlah 4.162 orang, meningkat 110% jika dibandingkan periode yang sama di 2023 (YoY). Pada 26 September 2024 penumpang yang menyeberang dari Padang Bai 4.096 atau tumbuh 140% (YoY). 

Kendaraan roda dua juga terlihat meningkat, pada Kamis  atau H-1 jelang MotoGP, jumlah kendaraan roda dua yang menyebrang 979 unit atau meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2023 yang jumlahnya 606 unit kendaraan. Kemudian kendaraan roda empat seperti mobil pribadi juga meningkat, pada H-1 terdapat 230 unit mobil yang menyeberang ke Lombok. 

Selama periode MotoGP 2024, sejak H-5, penumpang yang menyeberang dari Padang Bai ke Lembar mencapai 18.879, meningkat 137% jika dibandingkan periode yang sama di 2023 yang jumlah penumpang 13.796 orang.

General Manager ASDP Cabang Lembar, Agus Djoko Triyanto menjelaskan terjadi peningkatan penumpang selama periode MotoGP 2024, “Pergerakan produksi ada peningkatan dari tahun kemarin Padang Bai ke Lembar, dan setiap harinya cenderung meningkat,” jelas Djoko saat dikonfirmasi, Sabtu (28/9/2024). 

ASDP sudah melakukan persiapan mengantisipasi peningkatan penumpang selama periode MotoGP, dengan menyiagakan seluruh kapal yang ada di lintas Padang Bai - Lembar. Djoko menyebut hingga saat ini 13 kapal ferry beroperasi selama 24 jam. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper