Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ni Komang Tri Setia, Petugas Paskibraka di IKN asal Bali

Salah satu petugas paskibraka di IKN adalah Ni Komang Tri Setia dari Bali, ini profilnya
Profil Ni Komang Tri Setia, Wakili Bali Jadi Petugas Paskibraka di IKN. Istimewa
Profil Ni Komang Tri Setia, Wakili Bali Jadi Petugas Paskibraka di IKN. Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR – Upacara perdana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke - 79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi spesial bagi SMA Negeri 1 Semarapura, Kabupaten Klungkung.

Pasalnya, salah satu siswanya terpilih sebagai petugas Paskibraka pengibar bendera merah putih. 

Siswi yang terpilih tersebut bernama Ni Komang Tri Setia, yang saat ini duduk di kelas XI SMAN 1 Semarapura.

Tri merupakan siswi kelahiran Klungkung, 28 Mei 2008, Tri merupakan anak dari I Nyoman Subrata dan Novita Magdalena.

Terpilihnya Tri bukan proses yang mudah, dia harus melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari Paskibraka tingkat Kabupaten, Provinsi hingga terpilih mewakili Bali. 

Menurut catatan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung, sebelum berangkat untuk melakukan latihan di Cibubur, Tri bertemu dengan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana, untuk pamit dan mohon doa restu dari Pemkab Klungkung.

Tri juga bertemu dengan PJ Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya untuk meminta izin dan pamit mewakili Bali. 

Mahendra menjelaskan mengaku sangat bangga, terharu dengan para peserta, sehingga meminta kandidat dari Bali untuk menampilkan yang terbaik, dan berpesan jangan pernah patah semangat saat menerima tempaan pendidikan paskibraka. 

PJ Gubernur Bali berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan kedisiplinan.

“Semoga dengan semangat, pengabdian diri dan kedisiplinan mampu memberikan yang terbaik, karena kalian adalah putra putri terbaik untuk Bali jadi kami harap kalian membawa nama Bali dengan baik dan penuh prestasi disana,” pungkas Mahendra Jaya.

Sementara itu, Ketua Duta Pancasila Purna Paskibraka (DPPI) Dewa Suganda menyampaikan bahwa kedua calon Paskibraka ini telah melalui seleksi ketat dan sudah melewati verifikasi kesehatan di Jakarta.

Untuk itu kedua calon akan berangkat ke Jakarta tanggal 12 Juli dan akan menempuh pelatihan di lemhanas, sebelum nantinya akan resmi dilantik menjadi Paskibraka Nasional yang akan melakukan pengibaran bendera merah putih di IKN 

“Saya harap para putra-putri perwakilan Bali ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pemprov Bali sehingga mereka ada rasa percaya diri membawa nama Bali dalam tingkat Nasional,” ungkapnya.

Sebelum bertugas pada 17 Agustus 2024, Tri bersama pasukan Paskibraka lainnya harus menjalani pemusatan latihan di Cibubur sejak Juli 2024. Tri dan rekan - rekannya digembleng selama tiga minggu sebelum terbang ke IKN membawa sang merah putih. 

Selain Tri, Bali juga mengirim wakil Paskibraka putra, yakni Anak Agung Ngurah Panji Dharma Putra, siswa SMAN 1 Singaraja, kelahiran Buleleng 21 September 2007.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper