Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Pertebal Stok BBM dan LPG di NTB Untuk Kebutuhan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU./JIBI-Dwi Prasetya.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU./JIBI-Dwi Prasetya.

Bisnis.com, DENPASAR — Memasuki bulan Ramadan Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpenuhi sehingga bisa mendukung aktivitas masyarakat selama menjalani ibadah puasa. 

Pertamina menyiapkan stok LPG sebesar 2.870 metrik ton atau hampir 8 kali lipat konsumsi normal harian. Untuk BBM Gasoline (bensin) mencapai 12.125 KL atau 6 kali lipat konsumsi normal harian. Sedangkan Gasoil (diesel) sebesar 12.836 KL atau hampir 7 kali lipat konsumsi normal harian dan untuk Avtur 1.673 KL atau 25 kali lipat konsumsi normal harian.

Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi dalam keterangan resminya menjamin untuk pasokan BBM dan LPG aman di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan pangkalan resmi di NTB selama bulan Ramadan hingga pasca Idulfitri. Distribusi ke seluruh SPBU di NTB selama bulan ramadan ini terpantau normal dan lancar.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di NTB diprediksi mengalami peningkatan selama Ramadhan tahun ini. Peningkatan tersebut disebabkan oleh bertambahnya konsumsi masyarakat, terutama terhadap LPG baik itu subsidi maupun non subsidi dibandingkan konsumsi normal harian.

“Berdasarkan proyeksi kami memang ada kenaikan. Proyeksi Konsumsi BBM untuk masa Ramadhan Idul Fitri (RAFI) untuk Gasoline (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo) meningkat 5,9% terhadap konsumsi normal harian sebelum Ramadhan yaitu bulan Januari 2024 yakni 1.478 KL per hari. Untuk LPG terdapat kenaikan sebesar 8% dari konsumsi normal harian sebesar 443 metrik ton perhari,” jelas Ahad.

Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, Pertamina memastikan keandalan operasional di Terminal BBM dan LPG, mobil tangki untuk pendistribusian hingga SPBU dan SPBE. Atas dasar proyeksi kenaikan konsumsi tersebut, Pertamina Patra Niaga mempertebal stok tiap harinya tergantung prediksi lonjakan konsumsi harian.

Di sisi lain, meskipun konsumsi BBM dan LPG terdapat kenaikan, akan tetapi untuk konsumsi total Gasoil (Bio Solar, Dexlite, Pertamina Dex) diprediksi akan turun sebesar 9 persen terhadap konsumsi normal harian Bulan Januari 2024 sebesar 457 KL per hari. 

Penurunan untuk Gasoil ini dikarenakan adanya larangan melintas untuk truk logistik dan juga berhentinya aktivitas industri jelang dan pasca lebaran, sedangkan konsumsi avtur diprediksi akan naik 20 persen terhadap konsumsi normal harian 65 KL per hari.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pertamina juga memberikan layanan tambahan selama masa Ramadhan Idulfitri di antaranya penyediaan layanan khusus dalam rangka mendukung kenyamanan dan keamanan pengendara selama periode Ramadan Idulfitri di antaranya penguatan stok/build up stok BBM dan LPG dan menyiagakan layanan SPBU kantong yang berada di 4 titik yakni SPBU 5483311 Gerung (Lobar), SPBU 5583307 Rintam (Lobar), SPBU 5483508 Bil (Loteng) dan SPBU 5383612 Bagikpapan (Lotim).

Pertamina juga menyediakan empat titik layanan motoris pengantar BBM melalui Pertamina Delivery Service (PDS) untuk konsumen yang membutuhkan pengantaran BBM pada kondisi emergency yang dapat diakses melalui panggilan ke nomor 135, dimana pengendara dapat menyebutkan wilayahnya, dan motoris terdekat akan segera mendatangi konsumen tersebut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper