Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan Membludak, Jalan Raya Bandara Ngurah Rai Hingga Tol Bali Mandara Lumpuh

Jalan raya mulai dari Bandara hingga Tol Bali Mandara dan jalan Bandara ke arah Jimbaran Nusa Dua sempat mengalami lumpuh total karena kedatangan wisatawan
Wisatawan Membludak, Jalan Raya Bandara Ngurah Rai Hingga Tol Bali Mandara Lumpuh. Wisatawan di kawasan Tanah Lot, Bali pada Rabu (14/12/2022). - Bloomberg/Nyimas Laula
Wisatawan Membludak, Jalan Raya Bandara Ngurah Rai Hingga Tol Bali Mandara Lumpuh. Wisatawan di kawasan Tanah Lot, Bali pada Rabu (14/12/2022). - Bloomberg/Nyimas Laula

Bisnis.com, DENPASAR - Kedatangan wisatawan yang mencapai puncaknya pada Jumat (29/12/2023) melalui Bandara Internasional Ngurah Rai membuat jalan raya di sejumlah wilayah sempat lumpuh total. Beberapa di antaranya adalah jalan dari Bandara hingga Tol Bali Mandara dan jalan Bandara ke arah Jimbaran Nusa Dua  

Bahkan, di Tol Bali Mandara para wisatawan sampai turun dari mobil atau kendaraan yang mereka tumpangi karena selama berjam - jam kendaraan tidak bergerak sama sekali. Dari video yang beredar di media sosial banyak wisatawan jalan kaki membawa barang mereka.

Di Bandara Ngurah Rai sendiri penumpukan penumpang yang datang terjadi hingga malam hari ini. Banyak wisatawan yang sudah landing tidak bisa bergerak ke hotel mereka karena macetnya lalu lintas. 

Angkasa Pura I (AP I) selaku pengelola bandara angkat bicara, menurut General Manager Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan sejak pukul 13.00 WITA mulai nampak kepadatan kendaraan di jalan akses dari dan menuju bandara, untuk itu sebagai salah satu upaya penanganan, Angkasa Pura I (AP1) bersama Polres Bandara dan TNI AU berupaya menyesuaikan alur kendaraan sejak nampak potensi kepadatan. 

Personil Aviation Security dan petugas parkir dengan tambahan personil juga berupaya melakukan pengaturan lalu lintas, namun karena volume kendaraan yang kian padat tidak hanya di jalan menuju bandara namun juga di jalan-jalan protokol lainnya seperti Jalan Kediri dan Bypass Ngurah Rai, sehingga berimbas pada akses keluar dan masuk bandara. 

"Kami pun berinisiatif melakukan rekayasa jalur dengan membuka akses bagi roda dua untuk dapat mengantar hingga drop zone, menyediakan ojek online, menyiapkan kendaraan roda dua yang dikendarai personil kami yang lepas dinas untuk membantu penumpang yang membawa koper, trolley kami siapkan di dekat akses kendaraan agar penumpang terbantu membawa bagasi, dan penyediaan dua unit boogie car untuk mobilisasi penumpang lansia, penumpang dengan anak dan penumpang yang membawa banyak bagasi," jelas Handy dari keterangan resminya, Jumat (29/12/2023).

Handy melanjutkan, koordinasi dengan pihak airlines pun sudah lakukan agar dapat menyesuaikan jadwal keberangkatan dengan pertimbangan situasi kepadatan di wilayah Bali. Adapun kebijakan tersebut diantaranya dengan menjadwalkan ulang penumpang yang terlambat berangkat. 

"Kami mohon maaf atas situasi ini. Kami turut menghimbau kepada seluruh calon penumpang pesawat udara untuk berangkat menuju bandara lebih awal dari jadwal keberangkatan untuk menghindari potensi kepadatan di jalan menuju bandara," ujar Handy.

Sebagai informasi sejak pukul 13.00 WITA hingga 22.00 WITA Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali telah melayani sebanyak 213 pergerakan pesawat domestik dan 157 pergerakan pesawat internasional, baik kedatangan maupun keberangkatan. Hingga saat ini kami terus memastikan agar operasional dan pelayanan berjalan dengan baik, khususnya berkoordinasi intensif dengan pihak maskapai, serta memberikan bantuan pelayanan langsung kepada penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler