Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPA Suwung Terbakar, Begini Dampaknya ke Kota Denpasar

Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar terbakar pada Kamis (12/10/2022) imbas dari cuaca panas yang melanda kota Denpasar.
Kondisi Jalan Pesanggaran - Sesetan tertutup asap imbas kebakaran TPA Suwung, Denpasar, Kamis (12/10/2023)./Ist
Kondisi Jalan Pesanggaran - Sesetan tertutup asap imbas kebakaran TPA Suwung, Denpasar, Kamis (12/10/2023)./Ist

Bisnis.com, DENPASAR - Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar terbakar pada Kamis (12/10/2022) imbas dari cuaca panas yang melanda kota Denpasar. 

Kebakaran terjadi sejak pukul 11.00 wita saat mayoritas masyarakat Denpasar sedang beraktivitas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi Bali mencatat api dengan cepat menjalar membakar gunungan sampah yang sudah mengering.

Kepala BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin menjelaskan tim pemadam kebakaran langsung berupaya memadamkan api dengan menurunkan 10 unit Armada Damkar, 6 unit dari Kota Denpasar, 2 unit dari Kabupaten Badung, dan 2 unit dari Kabupaten Gianyar. Dan 1 unit loader serta 4 eskavator, alat berat ini untuk membuka jalan untuk akses mendekati titik-titik api agar mobil damkar lebih mudah bergerak menyemprotkan air.

Menurut Rentin, kekeringan akibat panas yang berkepanjangan menjadi pemicu kebakaran "Kekeringan yang relatif lama diduga memicu munculnya percikan api, kondisi ini diperparah dengan kencangnya tiupan angin," jelas Rentin dikutip dari keterangan resminya, Kamis (12/10/2023).

Dari pantauan Bisnis, asap masih membumbung tinggi hingga sore hari. Bahkan kebakaran tersebut berdampak ke sejumlah ruas jalan mulai dari Jalan Pesanggaran - Sesetan yang memang tidak jauh dari TPA Suwung. TPA Suwung ini juga tidak jauh dari tol Bali Mandara. Warga yang beraktivitas di sekitar lokasi kebakaran pun diimbau mengenakan masker. 

TPA Suwung merupakan TPA yang sudah tidak beroperasi setelah beroperasinya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kertalangu, Denpasar. Namun penutupan TPA Suwung menyisakan masalah sampah yang sudah menggunung dan mengering di musim panas. Belum ada solusi dari Pemda untuk menuntaskan masalah TPA Suwung. Sebelum ditutup TPA Suwung atau TPA Sarbagita ini menjadi lokasi penampungan sampah Kota Denpasar, Badung hingga Gianyar.

Padahal TPA Suwung dekat dengan pulau Serangan yang kini dibangun menjadi KEK Kura - Kura. TPA Suwung juga dekat dengan tol Bali Mandara, Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa, KEK Sanur, Pantai Mertasari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper