Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Kejar Kunjungan Orang Kaya Asal India

Bali terus membidik kunjungan wisatawan mancanegara asal India terutama dari kalangan orang kaya India yang jumlahnya disebut terus bertambah.
Wisatawan menonton atraksi budaya di salah satu destinasi wisata di Gianyar, Bali./Bisnis
Wisatawan menonton atraksi budaya di salah satu destinasi wisata di Gianyar, Bali./Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR – Bali terus membidik kunjungan wisatawan mancanegara asal India terutama dari kalangan orang kaya India yang jumlahnya disebut terus bertambah seiring dengan tumbuhnya ekonomi negara tersebut.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali Perry Markus menjelaskan potensi wisman India masih besar untuk ditarik berkunjung ke Bali, terutama dari kalangan orang kaya. Karakteristik wisatawan kaya India ini sangat menguntungkan Bali jika sebagian besar dari mereka bisa ditarik untuk berwisata ke Bali.

Salah strategi pelaku pariwisata menarik kunjungan wisman India dengan menawarkan paket pernikahan atau wedding di Bali ke wisman India.

“Mereka (wisman India) kalau sudah melakukan pesta pernikahan bisa tiga hari tiga malam, tentu ini sangat menguntungkan Bali karena mereka bisa menginap dengan waktu yang panjang di Bali,” jelas Perry, Selasa (12/9/2023).

Tren orang kaya India menikah di Bali sebenarnya sudah mulai terjadi, mereka biasanya datang dalam satu rombongan besar untuk menikah di salah satu hotel atau destinasi yang ada di Bali.

Orang kaya India juga dikenal suka berbelanja jika berwisata sehingga akan sangat menguntungkan bagi UMKM Bali jika orang kaya India semakin banyak berkunjung ke Bali.

Selain paket wedding, pendekatan kemiripan budaya antara India dan Bali bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan lebih banyak wisman India ke Bali.

Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Provinsi Bali I Made Mendra Astawa menjelaskan faktor kedekatan spiritual antara India dan Bali bisa dimanfaatkan untuk menarik kunjungan lebih banyak wisman India.

“India dan Bali sama–sama mayoritas penganut Hindu namun karakteristik Hindunya berbeda, ini keunikan yang bisa menarik minat wisman India. Artinya kedekatan spiritual ini bisa dimanfaatkan disamping paket wedding tadi,” jelas Astawa.

Selain kedekatan spiritual, Bali bisa menawarkan paket wisata yang lebih murah dan beragam ke wisman India dibanding mereka berlibur ke Eropa yang biayanya jauh lebih mahal.

Dengan paket yang lebih murah, wisman India bisa mengunjungi berbagai destinasi seperti pantai, desa wisata yang tersebar di seluruh Bali. Apalagi wisman India menurut Astawa sangat suka dengan air terjun, ini cocok dengan Bali yang memiliki banyak air terjun.

Sementara itu, data Bank Indonesia menyebut wisman India merupakan salah satu wisman dengan spending atau belanja yang tinggi, dalam satu hari rata–rata wisman India belanja Rp3,3 juta, sedangkan total spending wisman India selama di Bali mencapai Rp30,7 juta.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper