Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Sasambo : Ayam Bakar Bu Lian, Kuliner yang Wajib Dicoba Saat ke Mandalika

Ayam Bakar Bu Lian merupakan salah satu kuliner khas Lombok Tengah yang wajib dicoba saat berwisata ke Mandalika.
Proses Pembakaran ayam di warung Bu Lian./Bisnis
Proses Pembakaran ayam di warung Bu Lian./Bisnis

Bisnis.com, MATARAM – Ayam Bakar Bu Lian merupakan salah satu kuliner khas Lombok Tengah yang wajib dicoba saat berwisata ke Mandalika.

Warung makan ini berada persis di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Mandalika, dan berjarak 13 km dari Mandalika. Dari kunjungan tim Jelajah Bisnis Indonesia, terlihat ayam yang sedang dibakar berjejer, tempat makan berupa lesehan dalam istilah Bahasa Lombok disebut berugak.

Baiq Liana selaku pemilik warung menjelaskan dia sudah bertahun–tahun membuka warung, dimulai dari warung sederhana dengan menu utama ayam bakar. Semenjak dibukanya kawasan Mandalika sebagai destinasi utama oleh pemerintah, warung Bu Lian semakin semakin ramai, seiring waktu dari hasil jualannya dia semakin mengembangkan warungnya dan menambah karyawan dan pasokan ayam.

Saat ini dalam satu hari Baiq Liana bisa menghabiskan hingga 200 ekor ayam panggang, bahkan lebih ketika ada event - event besar di Mandalika. pembeli dari berbagai kalangan datang mulai dari masyarakat sekitar hingga wisatawan, Baiq Liana melayani makan di tempat hingga untuk dibungkus.

Dia mengakui keberadaan Mandalika dengan berbagai event balap seperti MotoGP, World Superbike membuat warung ayam bakarnya semakin dikenal.

“Setelah adanya Mandalika ini semakin ramai, banyak wisatawan yang datang makan disini, terutama saat siang hari,” jelas Liana kepada Bisnis, Selasa (29/8/2023).

Untuk paket makan di tempat, warung ini menyajikan ayam bakar, sayur kelor, terong, tahu tempe goreng, dan tentu saja nasi putih. Ciri khas warung ini adalah sambal mentahnya yang pedas yang banyak disukai pengunjung. Minuman yang disediakan mulai dari air mineral hingga es jeruk dan es teh. 

Program Jelajah Investasi Sasambo didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), Ooredoo Hutchison (Indosat), PT XL Axiata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper