Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pegadaian Swasta Ilegal Banyak Beroperasi di NTB

Secara nasional, sepanjang 2022 OJK telah menemukan 77 pegadaian ilegal di seluruh Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 November 2022  |  11:01 WIB
Pegadaian Swasta Ilegal Banyak Beroperasi di NTB
Otoritas Jasa Keuangan mendapati pegadaian beroperasi di NTB.
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Satgas Waspada Investasi (SWI) banyak menemukan pegadaian ilegal atau belum mengantongi izin beroperasi di Nusa Tenggara Barat.

Pegadaian ilegal ini aktif beroperasi menawarkan jasa gadai barang kepada masyarakat walaupun belum memiliki izin dari otoritas terkait. SWI mencatat hingga November 2022 terdapat 18 pegadaian swasta ilegal yang beroperasi di NTB dengan rincian dua pegadaian ilegal di Kota Praya, Lombok Tengah, 2 ditemukan di kota Bima, 1 di Kota Sumbawa, dan 13 pegadaian ilegal di Kota Mataram.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Rico Rinaldy, menjelaskan mayoritas pegadaian ilegal di NTB ini beroperasi menawarkan gadai barang elektronik hingga gadai peralatan rumah tangga dan kendaraan. Bahkan sebagian pegadaian ilegal ini sudah memiliki outlet dengan jumlah 3 hingga 10 outlet yang tersebar di NTB.

“Kami meminta masyarakat waspadai pegadaian swasta ilegal yang banyak beroperasi, kami meminta masyarakat untuk bertransaksi di pegadaian resmi yang sudah terdaftar di OJK,” jelas Rico dalam keterangan resminya, Jumat (18/11/2022).

Secara nasional, sepanjang 2022 OJK telah menemukan 77 pegadaian ilegal di seluruh Indonesia. Pegadaian tersebut tidak memiliki izin operasi sesuai ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian.

Rico juga menjelaskan banyak dari 2019 hingga 2022, OJK telah menutup operasi 242 pegadaian ilegal di seluruh Indonesia, langkah penutupan tersebut merupakan upaya OJK melindungi masyarakat dari kerugian materil.

Data dari SWI menyebutkan 77 pegadaian ilegal tersebut tersebar mulai dari kota Pekanbaru, Makassar, Banjarmasin, Medan, Toba, Pontianak, Kediri, Madiun, Nganjuk, Sleman, Praya, Mataram, Bima dan Sumbawa. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK pegadaian ntb

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top