Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Pesta Kesenian Bali, Omzet IKM Mencapai Rp6 Miliar

PKB 2022 ini pertama kali digelar setelah pandemi, terlihat antusias masyarakat Bali, wisatawan domestik, hingga mancanegara yang sudah rindu hiburan.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  13:43 WIB
Ada Pesta Kesenian Bali, Omzet IKM Mencapai Rp6 Miliar
Penampilan Gong Kebyar Kabupaten Buleleng di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 44 di Art Center, Denpasar. - Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 44 yang digelar selama satu bulan penuh di art center, Kota Denpasar menjadi berkah bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang membuka stan di acara tersebut.

Omzet penjualan 126 IKM selama acara PKB mencapai Rp6 miliar, selama tiga minggu membuka stan di pesta kesenian terbesar di Bali tersebut. Hingga penutupan PKB tanggal 10 Juli 2022, IKM ditargetkan meraup Rp9 miliar.

Ketua Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny.Putri Koster, menjelaskan ajang PKB menjadi kesempatan bagi industri kecil dan menengah di Bali untuk meraup untung, setelah merugi selama pandemi Covid-19.

“PKB 2022 ini pertama kali digelar setelah pandemi, terlihat antusias masyarakat Bali, wisatawan domestik, hingga mancanegara yang sudah rindu hiburan datang setiap hari. Ini menjadi momentum kebangkitan IKM, keuntungan akan mengalir ke IKM, dari hitungannya bisa mencapai Rp9 miliar,” jelas Ny.Putri kepada Bisnis, Selasa (5/7/2022).

IKM yang ikut membuka stan di PKB telah melalui kurasi oleh Dekranasda Bali, mereka menjual berbagai produk khas Bali seperti kain endek Bali, batik corak Bali, hingga oleh-oleh khas Bali lainnya dengan harga yang terjangkau. Dekranasda mengatur agar IKM tidak menjual produknya terlalu mahal kepada konsumen agar mampu dibeli sehingga target penjualan bisa tercapai.

“Stan di art center ini kami sediakan gratis bagi UMKM, selain berjualan mereka juga diedukasi bagaimana menjual dengan harga yang pantas, terjangkau, jangan menjual kain endek yang modalnya Rp800.000 dijual Rp5 juta, itu akan membuat orang takut membeli. Pasar andalan IKM saat domestik, berikan konsumen harga yang wajar sehingga barang banyak laku dan dampak ekonominya luas,” ujar Putri Koster.

Sebagai informasi, PKB merupakan ajang dua tahunan yang menampilkan seluruh kesenian masyarakat Bali. Tidak hanya itu, PKB juga menampilkan berbagai kesenian khas Nusantara yang diundang tampil di ajang PKB, seperti tari saman, lenong Jakarta, tari Dayak, dan seni khas daerah lainnya. PKB pada 2022 digelar sejak 12 Juni 2022 dan akan berakhir pada 10 Juli 2022. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali denpasar pkb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top