Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aktivitas Penumpang di Bandara Lombok Meningkat 150 Persen

Jumlah penumpang ini merupakan rekor tertinggi sejak Bandara Lombok ada.
Kedatangan penumpang di Bandara Zainudin Abdul Majid Lombok./Bisnis-Harian Noris Saputra
Kedatangan penumpang di Bandara Zainudin Abdul Majid Lombok./Bisnis-Harian Noris Saputra

Bisnis.com, MATARAM - Aktivitas penumpang meningkat pesat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok pada periode MotoGP Mandalika.

Aktivitas penumpang mulai meningkat tajam mulai tanggal 17 Maret hingga arus balik penonton MotoGP pada 22 Maret 2022. Sekitar 60.000 orang diprediksi bakal mendarat di Lombok secara bergelombang untuk menonton MotoGP.

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati menjelaskan aktivitas penumpang pada periode MotoGP mencapai 18.000 orang per hari, meningkat 150 persen dari hari nornal di tengah pandemi yang jumlahnya hanya 3500 orang per hari. Jumlah flight juga meningkat menjadi 100 flight atau penerbangan dalam satu hari, meningkat 120 persen dibandingkan hari normal.

"Bahkan jumlah penumpang ini merupakan rekor tertinggi sejak Bandara Lombok ada, dulu sebelum gempa jumlah tertinggi 12.000 orang penumpang dalam satu hari, kemudian setelah gempa turun ke 8000 orang per hari dan saat pandemi turun lagi ke angka 3500," jelas Nugroho kepada media, Selasa (15/3/2022).

Bandara Lombok mulai beroperasi 24 jam selama periode MotoGP Mandalika yakni mulai 17 Maret hingga 22 Maret 2022 untuk melayani permintaan extra flight dari maskapai yang membawa penonton MotoGP. Saat ini permintaan extra flight sudah datang dari maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia.

"Kami juga mengantisipasi lonjakan penumpang pada hari Minggu saat race day. Penonton yang tidak menginap di Lombok datang pada Minggu pagi dan kembali ke daerah asal pada Minggu malam. Kami juga mengatur rekayasa lalu lintas dalam Bandara agar tidak macet. Untuk tiket parkir ada perubahan harus dibayar ketika masuk Bandara sehingga ketika keluar tidak perlu lagi transaksi, ini untuk mencegah kemacetan," kata Nugroho.

Untuk transportasi darat, Dinas Perhubungan NTB menyediakan 31 unit armada bus gratis dengan kapasitas 900 penumpang. Bus bakal beroperasi penuh selama periode MotoGP untuk mengantar penonton dari Bandara ke Mandalika dengan estimasi waktu tempuh 30 menit. Selain bus, terdapat 200 taksi yang beroperasi melayani penonton MotoGP. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper