Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penginapan di Karangasem Mulai Banjir Pesanan dari Penonton MotoGP

Sejumlah penginapan di destinasi wisata Candidasa dan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali sudah mulai mendapat reservasi dari travel agent untuk pengunjung MotoGP Mandalika.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, MATARAM – Sejumlah penginapan di destinasi wisata Candidasa dan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali sudah mulai mendapat reservasi dari travel agent untuk pengunjung MotoGP Mandalika.

Setidaknya sudah 500 kamar penginapan di-booking oleh travel agent untuk penonton MotoGP Mandalika, mulai dari hotel berbintang, non-bintang, villa, hingga homestay yang ada di Candidasa dan Padangbai yang tidak jauh dari pelabuhan penyeberangan Padangbai tujuan Lembar telah terpesan.

Ketua Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Karangasem Wayan Kariasa menjelaskan, belum ada uang muka atau down payment (DP) untuk pemesanan 500 kamar penginapan tersebut.

“Kalau DP memang belum. Kami harapkan pembayaran sudah dilakukan seminggu sebelum event dilaksanakan,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (3/2/2022).

Kariasa menjelaskan, hotel di Karangasem tidak menaikkan harga kamar menjadi terlampau tinggi seperti di Lombok.

“Kami saat ini gunakan harga promo, tidak ada kenaikan harga karena kami ingin pemulihan ekonomi terjadi di Bali dengan adanya MotoGP ini. Harga satu kamar hotel bintang empat kami banderol Rp800.000 hingga Rp1,5 juta,” kata dia.

Hotel, kata dia, juga menyiapkan paket kamar dengan sarapan dan makan malam, dan penonton MotoGP akan berangkat ke Lombok melalui pelabuhan Padangbai dengan menggunakan kapal cepat.

“Kalau transportasinya travel yang siapkan, kami menyiapkan paket hotel saja,” ujarnya.

Keberadaan event MotoGP Mandalika sendiri memberi dampak positif terhadap pariwisata Bali yang terpuruk dalam 2 tahun terakhir, karena pandemi Covid-19.

Sebelumnya, 90 persen kamar penginapan hotel berbintang di Mandalika, Mataram, dan Senggigi sudah direservasi oleh penonton maupun travel agent MotoGP.

Sementara itu, homestay di Lombok belum semua mendapat reservasi, dan ITDC juga berencana menyiapkan tempat camping di Mandalika untuk mengatasi terbatasnya kamar akomodasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper