Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perumda Kerthi Bali Santhi Bakal Integrasikan UMKM dengan Marketplace

Perumda akan membentuk sebuah portal satu pintu pariwisata Bali.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 November 2021  |  14:43 WIB
Seniman Sanggar Semara Ratih menampilkan Tari Kecak saat pementasan bertajuk 'Three Bali Spirit' di Banjar Tanggayuda, Bongkasa, Badung, Bali, Sabtu (27/11/2021). - Antara/Fikri Yusuf.
Seniman Sanggar Semara Ratih menampilkan Tari Kecak saat pementasan bertajuk 'Three Bali Spirit' di Banjar Tanggayuda, Bongkasa, Badung, Bali, Sabtu (27/11/2021). - Antara/Fikri Yusuf.

Bisnis.com, DENPASAR — Perusahaan umum daerah (Perumda) Kerthi Bali Santhi yang saat ini sedang digarap pembentukannya akan mengintegrasikan sejumlah marketplace dengan pelaku UMKM bidang kerajinan di Bali.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan Perumda Kerthi Bali Santhi akan membentuk sebuah portal satu pintu pariwisata Bali. Nantinya, portal tersebut akan menghubungkan para penghasil produk dengan penjual. Artinya, dalam portal satu pintu pariwisata Bali, anggotanya adalah UMKM, industri kerajinan tangan, maupun penghasil produk lainnya.

Sementara itu, marketplace, toko online, maupun e-commerce lainnya akan menjadi mitra portal.

"Jadi marketplace merupakan bagian terintegrasi, tidak dapat dipisahkan, dan memiliki peran strategis bagi Perumda Kerthi Bali Santhi," katanya dalam sidang paripurna bersama DPRD Bali, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, Visi ”Nangun Sat Kerthi Loka Bali” akan menjadi tolak ukur pencapaian target dan indikator dari Perumda Kerthi Bali Santhi.

"Keberhasilan dari Perumda Kerthi Bali Santhi ini nanti kita arahkan untuk mendukung pelaksanaan program-program pembangunan," sebutnya.

Selain itu, pelaksanaan pariwisata digital di Bali juga akan diimbuhkan dengan program loyalitas wisatawan. Program tersebut terkait layanan pariwisata digital pasca kunjungan wisatawan.

Adapun tiga program utama dalam layanan pariwisata digital ini adalah indeks kepuasan wisatawan, program loyalitas wisatawan, dan sistem penghargaan wisatawan.

Menurutnya, untuk mendapatkan nilai variabel-variabel tersebut, akan dibuat sistem terintegrasi untukmencatat setiap aktivitas wisatawan. Hal tersebut diwujudkan daam Layanan Digital Sistem Keanggotaan Elektronik Wisatawan dan Layanan digital Ekosistem tertutup.

"Kedua layanan itu berperan penting dalam mengukur loyalitas wisatawan," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali denpasar
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top