Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Tekstil Perwarna Alam Laris Manis di Pasar Global

Ekspor hingga ke Jepang, Korea Selatan, Denmark, Swiss, Amerika Serikat, Belanda, Jerman, hingga Ukraina.
Ilustrasi pengeringan kain./Istimewa
Ilustrasi pengeringan kain./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR — Produk tekstil berbahan warna dari alam asal Bali yang mengedepankan konsep berkelanjutan laris manis di pasar luar negeri meskipun terjadi pandemi Covid-19.

Pagi Motley, misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pencelupan maupun penjualan kain dari warna alam mengaku tidak merasakan imbas penurunan ekspor akibat pandemi Covid-19. Bahkan, ekspor produknya cenderung meningkat setiap bulan.

Owner Pagi Motley I Made Andika Putra mengatakan ekspor produknya meningkat hingga 25 persen selama semester I/2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Produk yang diekspor tersebut berupa tenun, selendang, pakaian, blanket, maupun kain dengan warna alam.

Perusahaan yang baru berdiri pada Agustus 2019 tersebut melakukan ekspor hingga ke Jepang, Korea Selatan, Denmark, Swiss, Amerika Serikat, Belanda, Jerman, hingga Ukraina.

"Untuk tahun pertama, angka penjualan tiap bulan meningkat Dari tahun 2020 ke semester I/2021 mengalami kenaikan omzet sebesar 25 persen," katanya kepada Bisnis, Selasa (31/8/2021).

Andika menuturkan hampir 80 persen produk yang diekspor berupa jasa pencelupan dari kain maupun pakaian yang dikirimkan oleh konsumen di luar negeri. Permintaan jasa pencelupan biasanya dilakukan oleh customer untuk keperluan fashion show. Sisanya, merupakan penjualan yang dibuat langsung oleh Pagi Motley.

"Konsumen kita hampir 90 persen dari luar, jadi mereka memproses kain menjadi barang jadi setelah itu kita jasa pewarnaanya," sebutnya.

Menurutnya, penurunan ekspor produk tekstil berbahan alami tersebut tidak mengalami penurunan di tengah pandemi karena produk berkelanjutan yang menjadi trade mark usahanya. Apalagi, gaya hidup pasar luar negeri yang mengedepankan konsep berkelanjutan.

"Karena lifestyle orang luar yang sudah aware tentang sustainable live. Tidak hanya makanan yang organik, pakaian, interior rumah bahkan untuk peliharaan mereka pun harus sama lifestylenya dengan si pemiliknya," sebutnya,

Di tengah pandemi, pihaknya harus merasakan kenaikan biaya ekspor karena terbatasnya kontainer hingga 30 persen. Namun, kondisi tersebut tidak mempengaruhi penjualan. Apalagi, beban biaya ditanggung langsung oleh konsumen.

"Tapi untuk biaya pengiriman sudah menjadi beban konsumen," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler