Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi PPKM Darurat Jawa - Bali, NTB Perketat Pintu Masuk

PPKM di Jawa dan Bali dinilai akan membuat banyak warga memilih Lombok sebagai alternatif tujuan wisata.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 03 Juli 2021  |  12:05 WIB
Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. - Antara/Ahmad Suhaidi
Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. - Antara/Ahmad Suhaidi

Bisnis.com, MATARAM - Nusa Tenggara Barat memperketat pengawasan di pintu masuk  melalui pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. 

Jajaran Polda NTB turun langsung mengamankan Pelabuhan Lembar pada masa pengetatan. Tim gabungan yang terdiri atas Polisi, Tenaga Kesehatan, dan Dinas Perhubungan akan memperketat pengawasan arus penumpang di Pelabuhan Lembar. 

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Artanto menjelaskan pengetatan dilakukan di Pelabuhan Lembar karena menjadi pintu masuk NTB dari Bali dan Jawa Timur.

PPKM di Jawa dan Bali dinilai akan membuat banyak warga memilih Lombok sebagai alternatif tujuan wisata.

"Dengan PPKM Jawa dan Bali kami prediksi banyak masyarakat memilih NTB, Pulau Lombok dan Sumbawa," jelas Artanto, dikutip dari rilis pada Sabtu (3/7/2021). 

Penumpang yang tiba di Pelabuhan Lembar akan dipastikan negatif Covid-19 melalui pemeriksaan surat keterangan rapid test antigen. Jika tidak membawa surat keterangan rapid test antigen akan dilakukan rapid test di Pelabuhan Lembar.

"Jika tetap tidak mau rapid test, akan dikembalikan ke pelabuhan asal, jika dalam test positif maka akan diisolasi sementara," jelas Artanto. 

Walaupun diperketat, aktivitas Pelabuhan Lembar dipastikan normal tanpa penutupan. NTB tidak masuk dalam zona PPKM darurat seperti di Pulau Jawa dan Bali. Hingga saat ini tidak ada kabupaten maupun kota di NTB yang berstatus zona merah.

Data Satgas Covid-19 di NTB menyebutkan hingga Jumat (2/7/2021) jumlah kasus Covid-19 di NTB 14.735 orang. Kesembuhan mencapai 13.443 orang, dan 608 orang masih dinyatakan positif.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb polda ntb Covid-19 PPKM Darurat
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top