Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sektor Ekonomi Kreatif Makin Berkontribusi di Bali

Sejumlah potensi ekonomi kreatif di Bali yang bisa terus dikembangkan mulai dari desain, arsitektur, seni pertunjukkan, seni visual, fesyen, musik, hingga media, dan film.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  11:15 WIB
Sektor Ekonomi Kreatif Makin Berkontribusi di Bali
Pengunjung mengamati perhiasan yang dipamerkan di stan UMKM Pesta Kesenian Bali, Denpasar, Bali, Selasa (22/6/2021). Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Bali dalam program UMKM naik kelas dengan melakukan dua pendekatan yaitu memperkuat sektor formal industri dan dari segi akses pembiayaan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi Covid-19. - Antara/Nyoman Hendra Wibowo.

Bisnis.com, DENPASAR — Porsi sektor ekonomi kreatif pada perekonomian Bali diperkirakan naik 0,1 persen setiap tahun oleh Bank Indonesia.

Bank Indonesia memperkirakan porsi sektor ekonomi kreatif pada perekonomian Bali naik dari 13,8 persen pada 2017 menjadi 14,2 persen pada 2020.

Pengamat ekonomi dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Ida Bagus Raka Suardana mengatakan peluang pengembangan ekonomi kreatif di Bali terbuka lebar. Apalagi, Denpasar telah dikukuhkan sebagai kota kreatif Indonesia pada 2019 oleh Bekraf RI dan Gianyar sebagai Kota Kerajinan Dunia oleh World Craft Council Asia Pacific Region (WCC-APR).

Meskipun demikian, pengembangan sektor ekonomi kreatif di Bali masih terhambat sejumlah faktor. Misalnya, pengemasan yang kurang menarik untuk produk kerajinan maupunkuliner.

"Produk bisa tetapi kemasan belum bagus, perlu sentuhan-sentuhan," katanya, Selasa (22/6/2021).

Ada sejumlah potensi ekonomi kreatif di Bali yang bisa terus dikembangkan mulai dari desain, arsitektur, seni pertunjukkan, seni visual, fesyen, musik, hingga media, dan film.

Potensi tersebut didukung oleh banyaknya entrepreneur muda yang bergerak di bidang seni, industri pakaian jadi yang sudah berkembang di Bali, wilayah Bali yang memiliki banyak destinasi wisata sehingga bisa dikembangkan sebagai lokasi perfilman maupun iklan, hingga destination wedding yang telah dimiliki Bali.

"Ekonomi kreatif ini berpeluang di masa mendatang," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali umkm kerajinan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top