Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemasangan Fiber Optik di Mandalika Rampung September

Pembangunan jaringan fiber optik dilakukan dengan beberapa skema seperti pembangunan jaringan kabel bawah laut dari Mandalika hingga ke Bali dengan model dua kaki kabel fiber optik.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  21:06 WIB
Fiber optik - Reuters/Alessandro Bianchi
Fiber optik - Reuters/Alessandro Bianchi

Bisnis.com, MATARAM - PT.Telekomunikasi Indonesia menargetkan pemasangan fiber optik atau sistem komunikasi kabel laut rampung pada September 2021.

Pemasangan fiber optik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi bagian pembangunan infrastruktur komunikasi untuk mendukung perhelatan MotoGP dan pariwiasata Mandalika. Direktur Network & IT Solution PT.Telkom Indonesia Herlan Wijanarko menjelaskan pembangunan fiber optik akan mempercepat akses internet di kawasan Mandalika dan Lombok.

"Akses jaringan internet fiber optik di dalam kawasan maupun di luar sangat cepat. Aksesnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar baik untuk perumahan dan lain-lain. Telkom memastikan kebutuhan internet dapat terwujud untuk mensukseskan program pembangunan di kawasan Mandalika," jelas Wijanarko, Kamis (10/6/2021).

Pembangunan jaringan fiber optik dilakukan dengan beberapa skema seperti pembangunan jaringan kabel bawah laut dari Mandalika hingga ke Bali dengan model dua kaki kabel fiber optik. "Dengan konsep pemasangan dua kaki kabel fiber optik akan memperbaiki konektivitas Lombok ke arah luar sehingga Lombok terhindar dari black out," ujar Wijanarko.

Selain membangun fiber optik dari Mandalika ke Bali, PT.Telkom juga akan membangun akses fiber optik transport ke arah Mandalika dengan dua kaki yang diambil dari dua Sentral Telepon Otomat (STO) yaitu dari arah Selong Lombok Timur dan Gerung.

"Dengan pembangunan akses tersebut, kemungkinan black out-nya sangat kecil, Langkah ini untuk menjamin kebutuhan jaringan internet di kawasan Mandalika," ungkapnya. (K48)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom KEK Mandalika
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top