Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiket.com Sebut Bali Masih Jadi Destinasi Favorit saat Pandemi

Bali masih menjadi penyumbang kontribusi nomor 3 paling besar dari keseluruhan penjualan tiket.com untuk akomodasi.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  15:00 WIB
Area Manager East Indonesia, tiket.com Rajasa Hadisoemarto (tengah) berbincang bersama Public Relations Manager tiket.com Sandra Ayu Darmosumarto (kiri) dan Director of Sales Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport Bianca Rosetta berbincang usai memaparkan kinerja bisnis Hotel dan Akomodasi di Indonesia bagian tengah, terutama di Bali di Hilton Garden Inn Bali, Selasa (30/3/2021). -  Ni Putu Eka Wiratmini
Area Manager East Indonesia, tiket.com Rajasa Hadisoemarto (tengah) berbincang bersama Public Relations Manager tiket.com Sandra Ayu Darmosumarto (kiri) dan Director of Sales Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport Bianca Rosetta berbincang usai memaparkan kinerja bisnis Hotel dan Akomodasi di Indonesia bagian tengah, terutama di Bali di Hilton Garden Inn Bali, Selasa (30/3/2021). - Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR – PT. Global Tiket Network (tiket.com) mencatat transaksi booking menuju Bali tetap masuk dalam jajaran tiga besar di Indonesia, meskipun pariwisata provinsi tersebut terhantam pandemi Covid-19.

Tiket.com mencatat angka pemesanan hotel di Bali naik 555 persen pada kuartal IV/2020 dibandingkan periode sebelumnya (qtq).

Dari 10.660 hotel di Indonesia, sebanyak 2.400 properti di Bali berupa hotel maupun vila sudah berlabel tiket clean yang artinya akomodasi tersebut telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Area Manager East Indonesia tiket.com Rajasa Hadisoemarto mengatakan porsi transaksi pariwisata di Bali yang dicatat perseroan cukup besar. Bali masuk dalam jajaran tiga besar tujuan wisata dengan transaksi tertinggi.

Dari data pemesanan hotel 2020, Bali menduduki peringkat ketiga penjualan tertinggi setelah Jakarta dan Sumatera. Data ini menunjukkan wisatawan masih memilih Bali sebagai destinasi wisata.

Menurutnya, pada kuartal I/2021, staycation menjadi tren berlibur masyarakat. Wisatawan akan memilih akomodasi yang tidak jauh dari kota asal sebagai tujuan staycation.

"Bali jadi penyumbang kontribusi nomor 3 paling besar dari keseluruhan penjualan tiket.com untuk akomodasi. Berarti wisatwan masih memilih Bali sebagai tujuan destinasi staycation," katanya, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, transaksi wisata ke Bali akan semakin positif memasuki kuartal II/2021. Apalagi, pada periode tersebut terjadi libur lebaran dan sekolah.

Hanya, dia tidak mau memberikan data detil mengenai perkembangan transaksi wisata ke Bali.

"Sekarang ini jumlah pemesanan naik signifikan, bulan pertama dan kedua sedikit kecil dari ekspektasi, tetapi bulan ketiga sudah naik signfikan," sebutnya.

Public Relations Manager tiket.com Sandra Ayu Darmosumarto mengatakan saat ini semakin banyak hotel berlabel tiket clean dengan rata-rata kenaikan 40 persen setiap kuartal. Bahkan, dari kuartal III/2020 ke akhir tahun, terjadi peningkatan pemesanan tiket pesawat sebesar 89 persen dan pemesanan akomodasi hotel naik 118 persen qtq.

"Ini menunjukkan animo masyarakat untuk berlibur saat liburan natal dan taun baru meningkat dan sebagai OTA [online travel agent], kami ingin mendukung pemerintah dengan mengkampanyekan di Indpnesia saja, ajak masyarakat Indonesia untuk berlibur di Indonesia saja," sebutnya.

Director of Sales Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport Bianca Rosetta mengatakan pihaknya telah mendapatkan peringkat tiket clean dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Predikat tiket clean dinilai mampu mendorong wisatawan lokal untuk memilih menginap di Hilton Garden Inn.

"Kuartal III - kuartal IV tahun ini kami harap ada peningkatan booking kamar yang signifikan seperti tahun lalu," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata bali tiket.com
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top