Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Larangan Mudik, Pelaku Pariwisata Berharap Bali Tetap Dibuka

Bali tengah mempersiapkan program Free Covid Corridor yang bekerjasama dengan berbagai negara, seperti Korea, Taiwan, Australia, atau Singapura. 
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  10:54 WIB
Tamu W Bali Seminyak juga dapat bersantai di akhir pekan dengan menikmati pemandangan sunset dengan alunan musik yang groovy dan asyik dari Andy Chunes (PNNY / NL), Marc Roberts (Pantai People) dan Damian Saint pada 27 Maret 2021.  - W Bali
Tamu W Bali Seminyak juga dapat bersantai di akhir pekan dengan menikmati pemandangan sunset dengan alunan musik yang groovy dan asyik dari Andy Chunes (PNNY / NL), Marc Roberts (Pantai People) dan Damian Saint pada 27 Maret 2021. - W Bali

Bisnis.com, DENPASAR – Pelaku pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Villa Bali meminta agar keran pariwisata domestik tetap dibuka meski adanya larangan mudik saat Hari Raya Idulfitri 2021.

Ketua Asosiasi Villa Bali Gede Sukarta mengatakan libur Hari Raya Idul Fitri dapat dijadikan sebagai momen untuk melakukan simulasi pembukaan pariwisata di Pulau Dewata. Dengan catatan, stakeholder terkait telah memperoleh vaksin Covid-19, seperti dari pihak travel, petugas di Bandara, dan karyawan hotel atau vila.

"Sebenarnya ini momen yang tepat untuk menunjukan bahwa Bali sudah siap dengan pembukaan pariwisata," kata dia kepada Bisnis, Selasa, (30/3/2021).

Menurutnya, mudik berlaku bagi masyarakat perantau yang ingin pulang ke kampung halaman. Tetapi, ketika hal ini dilarang, Bali dapat membuka diri sebagai tempat tujuan berlibur bagi para wisatawan domestik (wisdom) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Saya berharap untuk Mei, tamu domestik mengisi sekitar 30 persen dari okupansi yang ada dan itu sudah bagus. Selain untuk ekonomi Bali, kan bisa untuk uji coba atau simulasi pembukaan pariwisata," tambahnya.

Kemudian, sambungnya, jika simulasi ini berhasil dilakukan pada libur Hari Raya Idulfitri. Maka Bali dapat menunjukan kesiapan untuk membuka keran pariwisata mancanegara melalui program Free Covid Corridor yang bekerjasama dengan berbagai negara, seperti Korea, Taiwan, Australia, atau Singapura. 

"Kalau sukses menyambut wisdom saat libur lebaran, Bali akan sangat percaya diri untuk menyambut wisman dalam Free Covid Corridor itu," jelas Sukarta.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata bali Mudik Lebaran
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top