Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Hotel di Bali Berharap Cuan Saat Nyepi

Hotel optimistis menyambut perayaan Nyepi karena memproyeksi okupansi kamar bisa meningkat dikisaran 25 persen.
Wisatawan menikmati suasana Pantai Pererenan, Badung, Bali, Senin (1/3/2021)./Antara-Nyoman Hendra Wibowo.
Wisatawan menikmati suasana Pantai Pererenan, Badung, Bali, Senin (1/3/2021)./Antara-Nyoman Hendra Wibowo.

Bisnis.com, DENPASAR — Industri perhotelan di Bali berharap mendulang cuan di tengah perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1943 lewat menawarkan sejumlah promo menginap. Namun, di tengah pandemi Covid-19, tidak semua hotel mampu meraup untung.

Ayodya Resort Bali, misalnya, mengaku pada Nyepi tahun ini tetap mengadakan promo menginap meskipun pariwisata Bali sedang lesu. Nyepi tahun ini, peningkatan okupansi di Ayodya Resort Bali hanya 3 persen dari kondisi hari-hari biasa.

Associate Director of PR & Marketing Communications at Ayodya Resort Bali Dady Primady mengatakan okupansi selama Nyepi 2021 diperkirakan hanya sebesar 6 persen. Kondisi ini berbeda dengan Nyepi tahun lalu yang mampu mencatatkan okupansi sebesar 30 sampai 35 persen. Padahal, Ayodya Resort Bali tengah memberikan sejumlah promo kepada wisatawan yang akan menginap. Promo yang ditawarkan mulai dari diskon food and beverages dan harga kamar senilai Rp1,55 juta selama 13-15 Maret 2021.

Menurutnya, tingkat okupansi yang rendah pada Nyepi tahun ini karena pandemi Covid-19 yang terus berlangsung. Apalagi, ketika tahun lalu pandemi Covid-19 baru berlangsung, masih ada sejumlah wisatawan mancanegara yang berlibur di Bali.

"Kalau tahun lalu mulai pandemi tapi lokal masih stay karena belum berdampak sekali perekonomiannya. Tahun lalu masih lebih banyak, lalu turis yang stay juga masih ada," katanya kepada Bisnis, Selasa (9/3/2021).

Terpisah, Hilton Garden Inn lebih optimistis menyambut perayaan Nyepi karena memproyeksi okupansi kamar bisa meningkat dikisaran 25 persen. Berbeda dengan okupansi harian normal yang hanya sebesar 13 persen sampai dengan 16 persen.

Director of Sales at Hilton Garden Inn Bianca Rosetta mengatakan tamu-tamu yang menginap biasanya baru akan melakukan booking saat saat terakhir promo. Hilton Garden Inn pun memberikan promo menginap Rp800.000 untuk 2 malam.

"Iya, ada peningkatan okupansi pada saat nyepi, karena kami ada harga promo Rp800.000 net sudah 2 malam," sebutnya.

Bali Dynasty Resort lebih optimistis dalam peningkatan okupansi jelang perayaan Nyepi. Bahkan, peningkatan okupansi Nyepi tahun ini diproyeksi mencapai 20 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

General Manager Bali Dynasty Resort Didit Indra mengatakan promo Nyepi akan memberikan peningkatan okupansi yang siginifikan dibandingkan hari-hari biasa. Pada Nyepi tahun ini, diproyeksi 75 kamar akan terisi. Apalagi, masih banyak pertanyaan dari tamu mengenai promo sehingga masih bisa meningkatkan okupansi.

Promo yang ditawarkan Bali Dynasty Resort yakni paket menginap tiga hari dua malam senilai Rp1,4 juta untuk deluxe room dan Rp2,2 juta untuk family room.

"Justru nyepi tahun ini ada peningkatan dibanding tahun lalu. Kebanyakan yang domestik berdomisili di Bali," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler