Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Bali Maritim Tourism Hub, Begini Perkembangannya

Pengembangan Bali Maritime Tourism Hub direncanakan untuk dilakukan dalam 15 tahapan pembangunan, yang target selesainya pada 2023.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  11:51 WIB
Kapal pesiar berbendera Norwegia, Viking Sun bergerak meninggalkan Pelabuhan Benoa di perairan Benoa Bali, Senin (9/3/2020). - Antara/Fikri Yusuf
Kapal pesiar berbendera Norwegia, Viking Sun bergerak meninggalkan Pelabuhan Benoa di perairan Benoa Bali, Senin (9/3/2020). - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menargetkan tujuh paket pembangunan Bali Maritim Tourism Hub dapat selesai hingga akhir 2021, sehingga tahun ini akan ada 10 tahapan pekerjaan yang dirampungkan.

VP Corporate Communications Pelindo III R. Suryo Khasabu mengatakan saat ini pihaknya sedang mengerjakan tahapan ketiga pembangunan Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) yakni pembangunan infrastruktur dasar serta fasilitas umum penunjang pariwisata yang meliputi UMKM plaza, food court, halte penunjang transportasi darat, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya

Adapun pada tahap pertama dan kedua yang telah selesai dikerjakan, yakni pengerukan tahap satu untuk alur pelayaran menuju Pelabuhan Benoa dan pendalaman kolam pelabuhan di area dekat dermaga. Kemudian, pembangunan pintu gerbang pelabuhan dan perluasan terminal penumpang internasional juga sudah selesai dilakukan.

"Pengembangan Bali Maritime Tourism Hub direncanakan untuk dilakukan dalam 15 tahapan pembangunan, yang target selesainya pada 2023," tuturnya kepada Bisnis, Kamis (25/2/2021).

Sementara itu, sambungnya, pekerjaan lain yang selanjutnya tengah disiapkan adalah pengerukan tahap dua untuk alur dan kolam pelabuhan serta perpanjangan dermaga timur untuk kapal pesiar.

Menurut Suryo, dengan adanya pandemi Covid-19 Pelindo III terus dipacu untuk melakukan proses pembangunan, sehingga Pelabuhan Benoa telah siap menerima kedatangan wisatawan ketika pintu wisata Internasional sudah kembali dibuka.

"Semoga pandemi segera teratasi, dan Pelabuhan Benoa akan siap menerima kedatangan wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pelindo iii pelabuhan benoa
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top