Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bali Hentikan Isolasi Pasien Covid-19 di Hotel, OTG Diminta Karantina di Rumah

Hanya sampai 28 Februari pasti dibayar dari pusat. Sedangkan 1 Maret belum ada kepastian. Sehingga 18 Februari pasien terakhir masuk hotel, dan dirawat 10 hari.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  12:20 WIB
Petugas kesehatan mengambil sampel usap saat tes cepat antigen bagi pelanggar protokol kesehatan yang menjalani sanksi di Denpasar, Bali, Selasa (16/2/2021). - Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Petugas kesehatan mengambil sampel usap saat tes cepat antigen bagi pelanggar protokol kesehatan yang menjalani sanksi di Denpasar, Bali, Selasa (16/2/2021). - Antara/Nyoman Hendra Wibowo.

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali menghentikan sementara isolasi pasien Covid-19 di Hotel Karantina pada 28 Februari 2021 karena belum adanya kepastian pembiayaan orang tanpa gejala–gejala ringan (OTG-GR) dan tenaga kesehatan.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bali I Made Rentin mengatakan pembayaran hotel Karantina OTG-GR dan
Nakes Covid-19 bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hanya sampai 28 Februari 2021. Sehingga evakuasi kasus positif Covid-19 ke hotel tempat karantina terhitung mulai 19 Februari 2021 dihentikan sementara dan diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah.

"Hanya sampai 28 Februari pasti dibayar dari pusat. Sedangkan 1 Maret belum ada kepastian. Sehingga 18 Februari pasien terakhir masuk hotel, dan dirawat 10 hari. Jadi pas tanggal 28 keluar hotel, dan sesuai batas pembayaran dari pusat," jelasnya kepada Bisnis, Sabtu (20/2/2021)

Adapun menurutnya, Sekda Bali telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 197/SatgasCovid19/II/2021 tentang Pemberhentian Sementara Pelaksanaan Karantina bagi OTG-GR/Nakes Covid-19 yang didalamnya menyebutkan batas waktu keluar (check out) bagi kasus positif Covid-19 pada 27 Februari 2021, sedangkan untuk petugas karantina pada 28 Februari 2021. Kemudian bagi pasien Covid-19 yang bergejala, terutama gejala berat dapat dibawa ke rumah sakit rujukan.

Sementara itu, Rentin mengungkapkan bahwa untuk Isolasi mandiri akan diawasi ketat satgas GR atau hotel yang dapat dibiayai oleh pihak Kabupaten/kota seperti Kabupaten Buleleng, Karangasem, Kota Denpasar, dan lainnya yang sudah bersiap untuk mencari hotel tempat karantina.

"Kami turut mengimbau agar Satgas Gotong Royong Covid-19, melakukan pengawasan isolasi mandiri di rumah," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Virus Corona orang tanpa gejala (otg)
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top