Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Denpasar Segera Simulasikan Pembelajaran Tatap Muka

Simulasi belajar tatap muka di tengah Pandemi ini sebagai acuan untuk memberikan izin kepada satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara langsung.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 23 November 2020  |  05:56 WIB
Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring. - Antara/Feny Selly
Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring. - Antara/Feny Selly

Bisnis.com, DENPASAR - Menjelang proses belajar tatap muka pada awal 2021, sekolah di Denpasar Bali akan melakukan simulasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Denpasar I Wayan Gunawan mengatakan akan melakukan simulasi terlebih dahulu sebelum digelarnya proses belajar secara langsung, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan kajian mengenai kesiapan satuan pendidikan untuk memulai proses belajar tatap muka, dibuktikan oleh adanya standar protokol kesehatan Covid-19 yang telah terpenuhi.

"Simulasi belajar tatap muka di tengah Pandemi ini sebagai acuan untuk memberikan izin kepada satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara langsung," tuturnya saat dihubungi oleh Bisnis, Minggu (22/11/2020).

Dalam simulasi nanti, lanjutnya, jika di sekolah ada anak yang demam atau batuk secara mendadak, maka SOP-nya akan ditanyakan kepada Dinas Kesehatan.

"Saat anak menggunakan kendaraan umum atau diantar oleh orang tuanya juga akan kami buatkan SOP-nya," tambah Gunawan.

Sedangkan, dia mengungkapkan mengenai jumlah siswa dalam satu shift tatap muka masih akan dipertimbangkan. Karena belum tentu 50 persennya akan pergi sekolah dalam waktu yang sama. Jika kesiapan tempat cuci tangan di sekolah dapat dilakukan oleh 100 orang, maka dalam satu sif akan dibatasi jumlahnya sebanyak 100 orang.

"Semua ini masih tergantung dari hasil simulasi dan koordinasi kami," jelasnya.

Peta risiko penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan Satgas Covid-19 tidak menjadi dasar pertimbangan memberikan izin kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Sementara itu, dia mengatakan telah meminta sekolah untuk menyediakan tempat cuci tangan, mengatur ruangan, dan sanitasinya sebagai penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.

"Intinya nanti, bagaimana saat belajar tidak ada kerumunan yang berpotensi menyebarkan Covid-19," kata Gunawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali sekolah denpasar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top