Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lanal Denpasar Canangkan Zona Bebas Korupsi

Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar, salah satu percontohan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, mencanangkan pakta integritas dan zona bebas korupsi, Rabu (8/5/2019).
Danlanal Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko (kanan) saat penandatanganan pakta integritas dan zona bebas korupsi, Rabu (8/5/2019).
Danlanal Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko (kanan) saat penandatanganan pakta integritas dan zona bebas korupsi, Rabu (8/5/2019).

Bisnis.com, DENPASAR — Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar, salah satu percontohan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, mencanangkan pakta integritas dan zona bebas korupsi, Rabu (8/5/2019).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengatakan upaya ini merupakan bagian dari kesungguhan institusi dalam mengukuhkan sebagai lembaga yang mempunyai komitmen mencegah terjadinya korupsi.

“Tentu, kami menyertainya dengan mewujudkan zona bebas korupsi serta reformasi birokrasi yang akuntabel di jajaran Lanal Denpasar,” katanya, seusai penandatanganan piagam pakta integritas, Rabu (8/5/2019).

Menurut Henricus Lanal Denpasar Bali sebagai salah satu percontohan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi terus berupaya untuk meningkatkan kinerja satuan. Oleh karena itu perlu komitmen kuat untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan program reformasi birokrasi secara konsisten dan berkelanjutan.

Kata dia penerapan zona bebas korupsi adalah salah satu formula tepat untuk dapat meningkatkan kinerja dan kompetensi satuan yang diiringi dengan mewujudkan birokrasi yang bersih dari korupsi.

Ia menyebut reformasi birokrasi harus terus dioptimalkan dengan karakteristik adaptif, berintegritas, kinerja tinggi, bebas dan bersih dari korupsi perlu adanya pengawasan secara terus-menerus.

“Supaya peningkatan mutu pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan khususnya dalam menjalankan program reformasi birokrasi di Lanal Denpasar dapat tercapai dengan optimal,” ujarnya.

Selanjutnya wujud nyata berbagai kegiatan dalam rangka percepatan reformasi birokrasi antara lain dengan dilakukannya penandatanganan dokumen Pakta integritas penguatan organisasi laporan akuntabilitas kinerja, laporan keuangan, program inisiatif anti korupsi dan pelaporan transaksi keuangan oleh PPATK.

"Saya berharap dukungan dari semua pihak dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga program reformasi birokrasi di lingkungan Lanal Denpasar Bali dapat terlaksana dengan sukses," kata Jenricus.

Kepala KPPN Denpasar Tedi mengatakan kantor pelayanan merupakan salah satu instansi vertikal kementerian keuangan dalam hal penyaluran APBN. Selama ini pihaknya melayani penyaluran anggaran untuk Lanal sebagai salah satu mitra kerja.

Kta Tedi ke depan secara bersama-sama akan mengedukasi juga dalam melaksanakan pengelolaan APBN secara transparan akuntabel dan juga pelaporan pertanggungjawaban atas penggunaan APBN.

"Ini juga kita kawal bersama-sama untuk memenuhi implementasi wilayah bebas dari korupsi ini selama ini rekonsiliasi laporan keuangan yang dilakukan oleh Lanal Denpasar berjalan dengan baik sesuai waktu yang ditetapkan dan kita juga secara periodik setiap triwulan melakukan evaluasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler