Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Basabali Wiki Jaga Bahasa Daerah Tetap Eksis

Pemprov Bali mendorong pelestarian bahasa daerah dengan pemanfaatan teknologi digital seperti yang dilakukan Basabali Wiki.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 19 Maret 2019  |  18:58 WIB
Tradisi Mebug-buugan warga Bali - Bisnis/Natalia Indah Kartikaningrum
Tradisi Mebug-buugan warga Bali - Bisnis/Natalia Indah Kartikaningrum

 Bisnis.com, DENPASAR—Pemprov Bali mendorong pelestarian bahasa daerah dengan pemanfaatan teknologi digital seperti yang dilakukan Basabali Wiki.

Gubernur Bali I Wayan Koster meminta pelestarian bahasa daerah melalui pendidikan formal maupun teknologi digital agar bahasa warisan leluhur tetap eksis.

“Kini bahasa Bali semakin jarang digunakan masyarakat, untuk itu pelestarian bahasa Bali perlu dilakukan dengan berbagai cara agar tetap eksis,” katanya, Senin (18/3/2019) malam.

Koster menyambut baik hadirnya Basabali Wiki yang sejalan dengan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Dia berharap kehadiran aplikasi berbasis situs Basabali Wiki bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memahami dan mempelajari bahasa Bali. 

Basabali Wiki merupakan kombinasi kamus referensi, ensiklopedia, dan perpustakaan digital dalam tiga bahasa dari teks-teks tradisional, sastra Bali modern, serta foto-foto penunjang yang sebagian besar tidak tersedia dalam bentuk daring (online). 

Basabali Wiki kini memiliki lebih dari 11.000 entri dengan ribuan video, foto, tulisan, serta cerita pendek yang dimasukkan oleh sekitar 250 ribu orang yang peduli terhadap pelestarian bahasa Bali.

Istri Gubernur Bali, Putri Suastini Koster mengatakan pelestarian harus dilakukan agar bahasa Bali tidak punah, karena bahasa daerah ini kian terancam dengan semkian masifnya penggunaan bahasa lain yang lebih sering digunakan dalam percakaan sehari-hari.

"Bahasa Bali adalah bahasa ibu, merupakan jantung dan jiwa dari masyarakat Bali," katanya.

Penggunaan bahasa Indonesia juga merupakan keharusan, begitu juga mempelajari bahasa asing untuk komunikasi yang lebih luas. Tetapi, jangan lupakan bahasa Bali.

Direktur Basabali Wiki I Gede Nala Antara mengatakan pelestarian bahasa daerah selama ini sudah dilakukan di antaranya oleh para ahli bahasa yang memasukkan penerjemahan bahasa Bali di halaman Google.

Beberapa waktu lalu, kolaborasi sekelompok ahli bahasa dan anggota masyarakat berkumpul untuk membantu masyarakat Bali menciptakan materi belajar bahasa Bali "7.000 Bahasa Transparan", menerjemahkan halaman depan Google ke dalam bahasa Bali.

Ia menyebut ini merupakan sebuah kombinasi kamus referensi terbuka bagi semua kalangan, ensiklopedia, dan perpustakaan digital dalam bahasa (Bali, Indonesia, Inggris) yang bisa diedit sendiri serta bermanfaat bagi kalangan muda.

Basabali Wiki bisa diakses di basabali.org yang menyediakan sarana untuk belajar bahasa, penerjemahan, dan membaca literatur berbahasa Bali. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali bahasa daerah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top