Tiket Elektronik Diwacanakan Diterapkan di Tanah Lot

Oleh: Feri Kristianto 28 Juni 2018 | 21:16 WIB

Bisnis.com, DENPASAR — Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memastikan bahwa objek Daya Tarik Wisata Tanah Lot akan menerapkan tiket elektronik dan parkir elektronik untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Menurutnya, manajemen DTW Tanah Lot membutuhkan sistem dan teknologi yang tepat untuk mewujudkan rencana tersebut. Karena itu, Eka Wiryastuti mengaku belum bisa memastikan kapan rencana tersebut akan mulai diujicoba karena saat ini masih dilakukan sejumlah persiapan.

“Mereka tidak masalah ada anggaran dan perlu sistem teknologi. Kalau itu bisa, luar biasa karena sehari ada sekitar 7.000 orang dan mungkin bisa meningkat lagi,” jelasnya ditemui seusai peresmian parkir elektronik di Tabanan, Kamis (28/6/2018).

Dia menegaskan penerapan tiket masuk dan parkir elektronik diharapkan dapat memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Tabanan. Eka menekankan di era paperless seperti sekarang, teknologi harus digunakan agar dapat mendukung e-goverment lebih maksimal.

Setelah DTW Tanah Lot dan bahkan Ulun Danu dan Bratan diterapkan tiket elektronik, pihaknya berencana menerapkan sistem parkir elektronik di kecamatan-kecamatan di kabupaten berjuluk Lumbung Beras Bali ini. Sistem parkir elektronik diyakini akan memberi manfaat bagi pengendara lebih tertib dan disiplin.

“Tukang parkir bisa lebih fokus melihat penataan kendaraan yang benar dan semua bisa tertata karena mereka tidak perlu mengurusi uang lagi,” tegasnya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya