Tabanan Pelopori Parkir Elektronik

Oleh: Feri Kristianto 28 Juni 2018 | 11:56 WIB
Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Bank Indonesia Pungky Ariwibowo, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Kepala Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana (kiri ke kanan).

Bisnis.com, TABANAN—Pemkab Tabanan mulai memberlakukan sistem parkir elektronik di sejumlah jalan protokol untuk mengoptimalisasikan pendapatan asli daerah.

Penerapan tersebut menjadikan salah satu kabupaten di Bali tersebut sebagai pelopor sistem parkir elektronik pertama di Pulau Dewata dan Kawasan Indonesia Timur. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan penerapan ini untuk membuat parkir karena lahan tidak luas dan transparansi pendapatan yang diperoleh.

“Tujuannya untuk majukan daerah, Tabanan kan tidak seperti Badung yang kaya. Jadi tukang parkir lebih fokus melihat penataan yang benar dan semua terkontrol,” jelasnya saat peresmian, Kamis (28/6/2018).

Hadir dalam peresmian ini, Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Bank Indonesia Pungky Ariwibowo, Kepala Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana dan sejumlah perwakilan perbankan di Bali. Eka Wiryastuti meminta setelah pemasangan alat parkir elektronik diikuti sosialisasi ke sejumlah media.

Lokasi e-Parking meliputi: parkir di tepi jalan umum (on street) dan pelataran parkir (off street) di Kabupaten Tabanan. Pembayaran parkir menggunakan uang elektronik multibank dari 6 (enam) bank, antara lain: e-money dari Bank Mandiri, TapCash dari Bank BNI, Brizzi dari Bank BRI, Flazz dari BCA, e-money Blink dari BTN, dan e-money BPD dari Bank BPD Bali.

Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Bank Indonesia Pungky Ariwibowo mengatakan belajar dari Jakarta, pendapatan daerah itu dari parkir meningkat drastis paska menerapkan parkir elektronik. Dia menyakini Tabanan juga akan mengalami hal sama.

Kepala BI Bali Causa Iman Karana menyakini keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tabanan melakukan elektronifikasi pembayaran parkir (e-parking) akan menjadi contoh dan role mode yang membuat daerah-daerah lain khususnya di Kawasan Timur Indonesia dapat mempelajari dan mengikutinya.

Implementasi e-parking dengan Uang Elektronik pada Terminal Parkir Elektronik (TPE) di Kabupaten Tabanan ini merupakan yang pertama kali dan menjadi satu-satunya daerah di luar Pulau Jawa yang telah mengimplementasikan pembayaran parkir pada TPE dengan uang elektronik dari perbankan.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya